Download Buku Penerbangan



Trik Mempelajari dan Memilih Buku Penerbangan

Di sini,saya akan membagi tips dan trik bagaimana mempelajari buku-buku penerbangan. Rekan-rekan tau kalau penerbangan itu sangat luas dibagi menjadi dua yaitu praktisi dan ahli sama seperti disiplin ilmu lainnya. Tidak perlu jauh-jauh,bayangkan saja insinyur teknik perkapalan dan nahkoda. Walaupun mereka sama –sama di sekitar pesawat,tetapi mereka belajar dengan prosedur yang berbeda-beda dan dengan buku yang berbeda juga. Dalam dunia penerbangan,orang-orang yang berkecimpung dalam melaksakanan operasional penerbangan dibagi menjadi tenaga ahli dan terampil/praktisi. Tenaga ahli disini berarti mereka-mereka yang bekerja dengan rumus-rumus rumit atau istilahnya kerja di bidang penerbangan dengan rumus-rumus njelimet dan orang-orang yang bekerja di penerbangan secara praktis atau lebih dienal praktisi.

Tenaga ahli di sini berarti adalah insinyur pesawat terbang,dosen,dan peneliti di lembaga penerbangan yang memang bekerja untuk meneliti atau membuat pesawat terbang dengan mengandalkan nilai-nilai luhur perhitungan ilmiah penerbangan. Golongan ini,dibagi menjadi beberapa bidang kerja seperti dosen,insinyur pesawat terbang, KNKT atau NTSB jika di amerika,pegawai Lapan,BPPT,LIPI,Litbang TNI AU,dan lain-lain. Untuk jenjang pendidikan, mereka pada umumnya dimulai dari Sarjana S-1,Magister S-,Doktor,dan Professor.

Tenaga praktisi di sini berarti adalah user atau pengguna yang langsung terjun di lapangan. Mereka bekerja menggunakan manual book atau buku penerbangan yang sifatnya tidak analitis rumit atau istilahnya kerja mereka hanya berdasarkan buku panduan (manual) pesawat yang di pegangnya. Golongan ini dibagi menjadi beberapa bidang antara lain teknisi/mekanik,pramugari,pilot,FOO,dan lain-lain.

Berdasarkan orang yang menggunakannya seperti di atas,buku penerbangan dibagi menjadi dua jenis yaitu buku penerbangan analitis dan buku penerbangan praktis. Buku penerbangan analitis adalah buku-buku penerbangan yang berisikan rumus-rumus rumit dan analisis dalam pembuatan,penelitian,dan rekayasa pesawat. Buku penerbangan praktis adalah buku-buku yang berisi ilmu penerbangan secara umum atau siap pakai yang berisi panduan,manual,atau ensiklopedia penerbangan. 

Bagaimana cara memilih buku-buku penerbangan yang layak di jadikan referensi ilmiah?


A. Lihat ISBN/ISSN


Langkah pertama dalam memilih buku penerbangan untuk sumber referensi adalah dengan melihat kode ISBN (International Standard Book Number). Sama seperti buku pertanian,perkapalan,dan lain-lain,buku analitis penerbangan wajib memuat ISBN. Tanpa ISBN,sebuah buku tidak akan syah secara hokum dijadikan sebagai referensi kecuali utnuk buku praktis penerbangan seperti undang-undang penerbangan dan manual pesawat. Untuk buku praktis penerbangan,tidak semua memiliki ISBN seperti manual pesawat dan undang-undang penerbangan. Untuk buku praktis seperti undang-undang penerbangan dan manual pesawat boleh digunakan sebagai referensi penyusunan skripsi atau jurnal ilmiah walapun tidak ada ISBN nya dan tetap syah secara hukum kecuali untuk buku analitis tetap harus melihat ISBN-nya. Jadi kalau mau nyusun skripsi jangan asal nemu artikel di tong sampah asal ada gambar pesawat lalu dipakai untuk referensi,hal itu jangan dilakukan karena hal tersebut nantinya akan dipertanggung jawabkan secara ilmiah.

B. Lihat Nama Penerbit

Adik-adik SMA/SMK atau rekan-rekan yang kuliah teknik penerbangan pasti mengenal buku-buku terbitan erlangga,yudhistira,tiga serangkai,intan pariwara,dan lain-lain. Buku itu semua dipakai waktu SD,SMP,dan SMA,tetapi sekarang saya kenalkan beberapa penerbit buku analitis dan praktis untuk penerbangan yang layak dan baik untuk referensi berdasarkan urutan yang saya buat di bawah.

B.1. Penerbit Buku Analitis Penerbangan

 1. AIAA







American Institute of Aeronautics and Astronautics (AIAA) merupakan penerbit buku penerbangan berbasis di amerika yang paling disarankan bagi ahli penerbangan karena  hampir seluruh isi dari buku ini berisi persamaan persamaan  rumus dan data-data penerbangan yang biasanya tidak ada pada buku lain. Salah satu buku penerbangan terkenal dari terbitan ini adalah Elements Propulsion of Gas Turbine and Rockets karya Jack D Mattingly,dan lain-lain.

2. McGraw-Hill








McGraw Hill adalah penerbit buku yang berbasis di New York,USA. Tidak seperti AIAA yang hanya fokus pada penerbangan dan antariksa,Mc Graw Hill merupakan penerbit yang  bersifat umum karena lembaga ini sebenarnya adalah lebaga analisis independen. Untuk buku penerbangan analitis terbitan McGraw-Hill berada pada buku-buku McGraw-Hill Engineering Series. Salah satu buku penerbangan yang terkenal dari terbitan ini adalah Fundamentals of Aerodynamcs dan Aerodynamics for Engineers karya J.D.Anderson dan Aircraft Flight Stability and Control karya Robert C Nelson.

3. WILEY









John Wiley & Sons adalah salah satu penerbit yang berbasis di New Jersey,USA. Ciri khas buku terbitan wiley adalah cover yang berwarna warni dan terdapat banyak sekali gambar pendukung di dalam buku terbitan wiley. Untuk penerbangan,wiley memiliki seri khusus yang dinamai Wiley Aerospace Series. Salah satu buku penerbangan yang terkenal terbitan wiley adalah Rocket Propulsion Elements karya G.P.Sutton dan Aircraft Performance karya Maido Saarlas.

4. Buterworth-Heinemann





Penerbit ini adalah penerbit yang berbasis di London. Buku-buk penerbangan ini sama seperti wiley yaitu lebih banyak memberikan gambar dan rumus-rumus yang diberi label khusus di dalam kotak sehingga pembaca sangat mudah mempelajarinya. Buku-buku terbitan Butterworth di distribusikan oleh elseiver sebagai storage systemnya. Salah satu buku penerbangan terkenal terbitan ini adalah Aerospace propulsion karya Pasquale Sforza dan Aircraft Structure for Engineering Students karya THG Megson.

5. Pearson / Prentice Hall









Pearson adalah penerbit buku yang berbasis di London,UK. Pearson lebih banyak fokus menerbitkan
buku-buku science seperti Wiley dan Butterwoth. Buku-buku terbitan person tidak hanya untuk penerbangan,tetapi juga untuk bidang lain seperti pertanian,science,dan ilmu teknik lainnya. Salah satu buku penerbangan terkenal terbitan pearson adalah Aircraft Aerodynamics karya JJ Bertin.

6. Springer






Springer adalah penerbit buku yang berbasis di Jerman. Springer pada umumnya fokus kepada buku-buku science.  Untuk penerbangan,springer sangat jarang mengeluarkan buku baru untuk periode tahunan. Untuk buku penerbangan,springer memiliki seri sendiri yang dinamakan springer aerospace series.

Selain di atas,masih banyak lagi terbitan buku analitis penerbangan internasional yang bias digunakan untuk referensi seperti  CRC Press,Cambridge Aerospace Series,dan lain-lain. Di bawah ini adalah buku-buku penerbangan jenis buku penerbangan praktis yang digunakan untuk operasional penerbangan atau digunakan oleh user seperti FOO,pilot,pramugari,mekanik,dan lain-lain.

B.2. Penerbit Buku Praktis Penerbangan

1. FAA






FAA bukan hanya bertugas ebagai regulator penerbangan di Amerika,tetapi FAA juga menerbitkan buku-buku praktis penerbangan yang di dalamnya hamper sebagian besar berisi gambar-gambar pesawat dan penerbangan. Buku-buku ini banyak berisi  simulasi yang cocok bagi mahasiswa yang lebih mengarah ke maintenance atau adik-adik SMA/SMK yang ingin belajar penerbangan.

2. ASA







ASA menerbitkan buku penerbangan lebih dominan untuk keperluan praktis. Seperti pelatihan teknisi, FOO,Pilot,dan lain-lain. Buku-buku ASA sama seperti FAA yang terdiri dari banyak gambar-gambar tetapi sedikit sekali hitungan. Bebarapa buku FAA ada juga yang demerger dan di mix menjadi buku ASA untuk kerperluan bahan belajar sekolah pilot.

3. JEPPESEN





Jeppesen mengeluarkan buku pada umumnya sama seperti ASA dan FAA, hanya untuk keperluan praktis,bukan analitis seperti yang digunakan Insinyur Penerbangan. Tetapi Buku Jeppesen sangat cocok digunakan untuk menambah wawasan umum tentang penerbangan. Buku-buku Jeppesen  banyak di gunakan oleh FOO untuk bahan belajar.

4. Aircraft Manual

Buku ini adalah buku panduan untuk operator penerbangan seperti pilot,pramugari,dan mekanik pesawat. Manual pesawat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu Cabin Crew Manual,Operation Manual,Flight Manual,dan Maintenance Manual. Manual pesawat hanya menjelaskan khusus pesawat tersebut dan tidak menjelaskan prosedur operasional semua pesawat ibarat rekan-rekan beli HP,maka buku manualnya hanya berisi perintah-perintah untuk HP yang rekan-rekan beli saja.

5. Aviation Regulation

Aviation regulation adalah undang-undang penerbangan. Undang-undang di setiap Negara berbeda-beda,tetapi pada intinya hamper menyerupai. Indonesia menggunakan undang-undang CASR atau PKPS untuk regulasi penerbangannya. Untuk amerika menggunakan FAR,Jerman menggunakan JAR,dan lain-lain. Tetapi,untuk undang-undang induk yang berlaku secara internasional hanya satu yaitu ANNEX ICAO.

Penerbit di atas adalah contoh penerbit buku-buku penerbangan praktis. Untuk adik-adik SMA/SMK,sekolah pramugari,FOO,atau mahasiswa D3 bisa menggunakan buku-buku tersebut untuk belajar karena buku-buku praktis tidak berisikan rumus-rumus rumit,tetapi hanya gambar-gambar dan pengetahuan dasar dan berbeda dengan buku penerbangan analitis yang berisi rumus-rumus,integral,turunan,persamaan transformasi laplace,limit,dan lain-lain.

Contoh perbedaan buku analitis dan praktis penerbangan


Dari gambar cover atau sampul buku di atas,kita tidak bisa membedakan mana buku analitis penerbangan dan praktis penerbangan. Tetapi,setelah kita membuka dan melihat isinya akan ketahuan buku tersebut sebenarnya buku analitis atau praktis.


Setelah membuka isinya,baru akan ketahuan perbedaan buku penerbangan analitis dan praktis. Buku-buku analitis berisi rumus-rumus rumit karena memang digunakan oleh para insinyur pesawat terbang,peneliti,dan lain-lain. Untuk buku praktis lebih banyak digunakan oleh siswa FOO,Pilot,Pramugari,siswa-siswi SMA/SMK,dan umum.



3. Lihat Edisi Penerbitan Buku


Semakin tinggi edisi buku dengan judul dan penulis yang sama, maka buku tersebut sudah banyak dibaca orang dan sudah banyak proses perbaikan serta update dari edisi sebelumnya. Seperti contoh buku di atas. Buku di atas adalah buku Rocket Propulsion Elements yang saya pakai untuk belajar karya GP Sutton. Buku tersebut yang paling baru adalah edisi delapan. Ketika saya akan membuat jurnal ilmiah atau disertasi,maka tentunya saya memilih yang edisi delapan yang terbaru karena pada edisi delapan,GP Sutton menambah data-data propelan roket cair dengan lebih lengkap.

4. Lihat Nama dan Gelar Penulis


Pada umumnya penulis buku referensi buku analitis  bergelar  Doktor atau Professor dan sudah banyak mempublikasikan karya ilmiah populer di masyarakat. Tidak ada buku penerbangan terutama buku penerbangan analitis ditulis oleh seseorang lulusan S1 apalagi SMA. Untuk melihat gelar penulisnya,biasanya terdapat bada bagian sampul buku. Jika rekan-rekan ingin belajar penerbangan dengan buku,pastikan rekan-rekan mengenal biografi penulisnya. 

Sekarang rekan-rekan silahkan download buku-buku di bawah ini. Jika rekan-rekan mahasiswa D3,pilot,pramugari,FOO,atau siswa-siswi SMA/SMK pilihlah buku yang cocok yaitu buku praktis penerbangan. Jika rekan-rekan adalah mahasiswa S1,S2,Doktor,atau peneliti penerbangan pakailah buku penerbangan analitis.


STRUKTUR PESAWAT TERBANG (Aircraft Structure)


PROPULSI PESAWAT TERBANG (Aircraft Propulsion)

MEKANIKA TERBANG (Flight Mechanics)
(Dinamika Terbang,Prestasi Terbang,Kendali Terbang)


BUKU PENUNJANG PENERBANGAN (Support Book)

Mathematic in Aviation
Thermodynamics An Engineering Approach,Yunus-M.Boles
Fluid Mechanic for Engineers
Vibration Problem In Engineering
Mechanical Vibration-SS Rao
Numerical Methods for Engineers
Heat Transfer-JP HOLMAN
Essential MATHCAD for engineers
MATLAB for engineers and scientist
Dictionary of Aviation
The Airline Encyclopedia
Aircraft System-Oxford JAAR
Aircraft Fuel System
Unmannde Aircraft System
Handbook of Aircraft Aramament
Material Science & Engineering Science-Callster
Mechanics of Material
Airline Marketing & Management
Aviation English For ICAO
English for Aircraft-Pilot & Controller
Probability & Statistic for engineers-walpole Myers 9th
Principles of Flight for Pilots (Aerospace Series (PEP))
Aircraft Noise (Cambridge Aerospace Series)
The Global Airline Industry (Aerospace Series (PEP))
Military Avionics Systems (Aerospace Series (PEP))
Electricity and Electronics for Aerospace Vehicles (Northrop Institute of Technology series)
Helicopter Test and Evaluation (Aiaa Education Series)


Untuk mendownload Buku-buku  grammar bahasa inggris,bahasa arab,jerman,rusia dan mandarin,
silahkan klik ke laman ini  >>>> DOWNLOAD BUKU INTERNASIONAL

untuk mendownload documment annex icao silahakna klik link blog kawan saya di bawah ini
Klik disini ->  ANNEX ICAO 1-18

untuk mendownload documment CASR/PKPS DSKU silahakan
Klik Disini -> CASR/PKPS

Untuk murid-murid SMA yang ingin mendownload buke BSE Kemendikbud lengkap silahkan  Klik disini -> Buku Sekolah Elektronik (BSE) Kemendikbud

LINK TO AEROSPACE INSTITUTE,MANUFACTURE,& AIRLINES







Bagi yang ingin chatting atau bertanya tentang penerbangan,silahkan kirim email kalian ke aripas@rocketmail.com

GIVE COMMENT BELOW

Arip Susanto Copyright@2013. Tema Jendela Gambar. Diberdayakan oleh Blogger.
WEBSITE RESMI ARIP SUSANTO-COPYRIGHT © 2015
DIDESAIN OLEH ARIP SUSANTO-PROVIDER DOMAIN OLEH RUMAH WEB