Dasar Penerbangan


Mengapa pesawat bisa terbang?

        Sewaktu kecil, sahabat sekalian yang mungkin tinggal di desa seperti saya,sering melambaikan tangan dan menyebut “kapal minta uang” ketika ada pesawat melintas di atas kita. Sekarang saya kok tertawa sendiri,kalau mengingat  masa kecil dulu karena kalau saya lagi terbang melihat anak kecil di bawah,saya selalu merogoh kantong tetapi tidak ada uangnya.  Tetapi dulu selain  berteriak meminta uang,saya selalu memikirkan juga kenapa pesawat bisa terbang. Disini saya akan berbagi ilmu kepada sahabat-sahabat semua tentang kenapa pesawat bisa terbang. Untuk mendalami ilmu ini,sahabat-sahabat semua yang ingin kuliah bisa mengambil jurusan Teknik Penerbangan (Aeronautical Engineering)  atau sekolah yang berhubungan dengan penerbangan di beberapa kampus di Indonesia. Prodi ini tidak sebanyak negara lain,hanya beberapa universitas saja yang membuka prodi ini antara lain ITB,Sekolah Tinggi teknologi Adisucipto (STTA) Yogyakarta,Universitas Nurtanio Bandung,Universitas Suryadharma Jakarta,Polban Bandung,STTKD Yogyakarta,ATPL Surabaya, STPI Curug,dan lain-lain. Prodi ini akan mengajarkan sahabat-sahabat sekalian untuk mendalami ilmu yang berhubungan dengan pesawat terbang antara lain struktur pesawat,propulsi (mesin pesawat),aerodinamika, sistem pesawat terbang,navigasi pesawat terbang,ground handling,teknik bandar udara,mekanika terbang dan masih banyak yang lainnya.

Sebelum masuk kerumus dasar,kita harus mengetahui nilai-nilai tekanan (pressure), suhu (temperature),kerapatan jenis (density),gravitasi bumi,dan konstanta gas ideal pada sea level.



Pesawat merupakan barang kompleks (rumit) yang diciptakan umat manusia,itu artinya sekecil apapun bagian pesawat adalah sangat penting.Tidak ada yang tidak penting dalam suatu sistem penerbangan. Melihat dari prestasi terbang,pesawat dapat terngkat kerna gaya angkat (lift),bergerak maju karena gaya dorong (Thrust) ,turun kebawah karena gaya berat (weight) dan gaya yang menghambatnya (drag).




Jangan lupa rumus bernoulli sewaktu SMP dan SMA untuk aliran incompressible, bahwa semakin tinggi kecepatan suatu fluida (benda alir) maka tekanannya semakin kecil dan sebaliknya sebaliknya. Dasar itulah yang menjadi dasar untuk menjelaskan fenomena sayap pesawat terbang. Sayap pesawat terbang berbentuk airfoil dan bentuk inilah yang menyebabkan pesawat terangkat ke atas karena bagian atas airfoil lebih panjang dari bagian bawahnya.Intinya aliran udara dari depan yang melewati  atas sayap pesawat harus bertemu lagi dengan aliran udara yang melewati bawah pesawat secara bersama sama di ujung airfoil sayap bagian belakang. Saya anlogikan anda dan teman anda pergi dari jakarta menuju jogja dengan kendaraan yang berbeda. Anda ke Jogja lewat jalur selatan berjarak kurang lebih 500 Km dan teman anda lewat jalur utara kurang lebih 600 Km. Anda diwajibkan harus bertemu di Jogja secara bersama-sama maka secara otomatis kawan anda yang lewat jalur utara harus bergerak lebih cepat agar sampai di Jogja bersama sama dengan anda. Sesuai dengan hukum bernoulli yang menyatakan jika tekanan naik maka kecepatan turun dan sebaliknya jika tekanan turun maka kecepatan naik,sehingga kecepatan udara di atas sayap pesawat lebih cepat dari yang dibawah,dan tekanan udara di atas lebih kecil dari tekanan udara di bawah. Karena tekanan udara dibawah sayap pesawat lebih besar dari di atas,maka tekanan di bawah sayap akan menekan sayap ke arah atas sehingga pesawat terangkat ke atas.



aliran udara di atas sayap pesawat


Sekarang kita ke persamaan lift (gaya angkat). Melalui rumus tersebut kita bisa mendapatkan kesimpulan bahwa semakin tinggi  ketinggian suatu daerah dari permukaan laut maka landasan yang dibutuhkan semakin panjang. Lho kok bisa?? Jadi begini ceritanya, semakin tinggi suatu ketinggian,density atau kerapatan jenis udara berkurang. Jika densitiy berkurang, maka gaya angkat juga berkurang.lalu gimana caranya supaya di tempat tinggi pesawat bisa tetap terbang? jawabannya simple aja, ya diperpanjang panjang landasannya. Kalau density kan tidak mungkin kita ubah karena itu kehendak Yang Maha Kuasa,lalu bagaimana kalau kita perluas bentang sayapnya?  terlalu repot mau gonta-ganti sayap,apalagi kalau turunya di daerah pegunungan seperti Papua,jadi jalan satu satunya adalah menambah kecepatan pesawatnya dan untuk menambah kecepatan adalah membutuhkan jarak yang panjang sesuai dengan persamaan GLBB. Itulah sedikit alasan mengapa pesawat bisa terbang. Jadi jika sahabat sekalian banyak melihat bandara kok dibangun dipinggir laut,itu bukan tanpa tujuan. pembangunan bandara di pinggir laut bertujuan untuk memperpendek landasan pacu dan juga sebagai prosedur keselamatan jika pesawat dinyatakan gagal take off,maka pilot akan mendaratkan pesawatnya di atas air (ditching). Masih banyak lagi faktor yang dapat menyebabkan pesawat bisa terbang yaitu aerodinamika,prestasi terbang,mekanika terbang dan lain-lain yang tidak mungkin saya jelaskan karena untuk menguasainya butuh kurang lebih 4 tahun kuliah S1 Teknik penerbangan,2 Tahun magister teknik penerbangan, 2 tahun sekolah doktor dan masih banyak lagi yang berarti bahwa ilmu penerbangan itu sangat luas dan kompleks,alasannya hanya satu,”hanya untuk meniru karya ciptaan Tuhan yaitu burung”




RUBRIK TANYA KENAPA


Pertanyaan paling mendasar dan jawaban ini semoga membuka pandangan kalian tentang penerbangan yang justru hal sepele terkadang membuat kita bingung soal menyikapi siapa kita dan penerbangan itu bagaimana. Jawaban ini saya himpun dari semua rekan-rekan yang bertanya via BBM atau inbox FB.

Kenapa pesawat bisa terbang ?

Jawab : Karena semuanya. Semua yang ada disekitar pesawat. Siapa yang membanggakan sayap? Tanpa mesin pesawat tidak bisa terbang. Siapa yang membanggakan mesin? Tanpa avionic pesawat tidak bisa terbang? Siapa yang membanggakan pramugari? Tanpa pilot pesawat tidak bisa terbang. Berarti pesawat terbang karena kuman? Ya secara tidak langsung. Tidak ada yang steril dipenerbangan,tidak ada pilot pramugari penumpang yang tidak membawa kuman. Oke beres.

Mana bagian yang penting dari pesawat?

Jawab: Semuanya. Termasuk teroris di dalam pesawat? Ya, penting secara tidak langsung. Tanpa teroris para insinyur penerbangan tidak akan memikirkan untuk membuat pintu kokpit yang tahan peluru dan aman.

Siapa yang paling pintar di penerbangan, apakah pilot?

Jawab: Bukan. Semua sama pintarnya dibagiannya masing-masing.pegawai catering,pegawai parkir pesawat,petugas kebersihan, Semua sama hebat sama dibutuhkan kepintarannya.

Mesin pesawat dibagi berapa?

Jawab : Banyak. Ada mesin piston,mesin jet, mesin panel surya,dengan baterai,dan lain-lain. yang paling banyak piston dan jet.

Roda pesawat seperti apa?

Jawab: kalau menyebut roda,dibagi dua. Type retractable atau bisa dilipat dan unretractable tidak bisa dilipat. Tapi kalau menyebut landing gear ada banyak. Ada yang bentuk roda,ada yang bentuk papan ski, bentuk pelampung,dan lain-lain.

Setir pesawat itu dimana?

Jawab : ada yang di depan pilot ada yang di samping kanan atau kiri pilot,dan ada yang di bawah (pedal). fungsinya? yang di depan atau disamping adalah stick,untuk roll kanan kiri dan pitch up pitch down. kalau pedal untuk yaw kanan yaw kiri.

Apa itu aileron,elevator,dan rudder?

Jawab : alat untuk mengatur gerak pesawat. aileron untuk roll kanan kiri, elevator untuk pitch up and down,rudder untuk yaw kanan kiri. Penggeraknya pakai apa? lihat jawaban pertanyaan di atas.

Apa itu angkasa,luar angkasa,dirgantara,aeronautics,dan aerospace?

Jawab: angkasa  tempat dimana masih ada tekanan,masih ada oksigen,dan masih ada udara. Luar angkasa tidak ada semuanya. Dirgantara gabungan angkasa dan luar angkasa. Aeronautical bahasa inggrisnya angkasa. Aerospace bahasa inggrisnya dirgantara. Oke kelir guys.

Apa itu pesawat,pesawat terbang,pesawat udara,pesawat luar angkasa,aircraft,spaceraft, dan aeroplane ?

Jawab : Pesawat adalah benda atau alat yang mempermudah pekerjaan manusia. Pesawat terbang semua alat atau benda yang mempermudah pekerjaan manusia dan dapat terbang. Pesawat udara pesawat terbang yang hanya terbang di dalam bumi. Pesawat luar angkasa adalah pesawat terbang yang dapat terbang di luar bumi. Aircraft bahasa inggrisnya pesawat udara,space craft bahasa inggrisnya pesawat luar angkasa. Aeroplane bahasa inggrisnya pesawat lebih menjurus kepada pesawat fix wing atau bersayap tetap dan ada penumpangnya.

Berarti kalau kita bilang pesawat itu masih umum ya?

Jawab : yes betul. Pesawat adalah kata umum. Telfon bisa disebut pesawat,televisi disebut juga pesawat. tetapi telfon dan televisi bukan pesawat udara. Roket adalah pesawat terbang tetapi bukan pesawat udara.

Kalau saya mau kuliah teknik membuat pesawat masuk jurusan apa?

Jawab: Teknik penerbangan (aeronautical engineering). Kalau kuliah untuk membuat roket? ke space engineering. Kalau mau membuat pesawat dan roket? aerospace engineering.

Lulusan teknik penerbangan kerja dimana?

Jawab : Kerja di IndonesiaMaskapai penerbangan,Lapan,BPPT,Kemenhub,KNKT,PT DI,Dosen,PT Gapura Angkasa,PT Angkasa Pura, PT Air Nav,guru SMK Penerbangan, dosen sekolah pramugari dan ground staff,PT Angkasa pura logistik,Dosen flying school,dan lain-lain. Kalau di luar negeri? lebih banyak dari dalam negeri.

Bisa tidak lulusan teknik penerbangan jadi pilot?

Jawab : Bisa,asal umur,fisik,dan otak serta keuangan masih mendukung.

Lalu,saya ini pilot tapi saya malah ingin kuliah S1,saya bosan bawa pesawat dan malah ingin juga ambil S2. kira-kira bisa nggak?

Jawab: Semua latar belakang apapun dan siapapun di mata ilmu pengetahuan adalah sama. Sangat mulia sekal jika anda pilot lalu sekolah S2 dan meluangkan waktu mengabdi menjadi guru atau dosen dan dapat menularkan ilmu serta pengalamannya kepada bangsa dan negara Indonesia. Di amerika ada pilot sudah kapten senior punya gelar Doktor dan beliau tetap belajar tanpa batasan.

Saya lulusan S1 Pertanian,saya disuruh sekolah FOO sama mamak saya. bisa nggak?

Jawab : Bisa. syarat FOO minimal SMA/SMK bukan S1 Pertanian atau ekonomi atau S1 lainnya.

Saya mau beli tiket pesawat,tetapi anak saya masih kecil belum punya KTP. itu gimana?

Jawab: Daftarkan sesuai nama di akte kelahiran. Oke beres jeng.

Saya Waria,mau beli tiket. saya pakai nama yang mana?

Jawab: pakai nama sesuai KTP. tapi saya nggak punya KTP? Pakai nama sesuai ijazah SD/SMP/SMA karena saya yakin anda dilahirkan tidak langsung waria. mungkin saat SD atau SMP anda masih menjadi jati diri anda yang sebenarnya.

Kalau saya ingin jadi pilot. syaratnya apa aja? apa saya harus sekolah pilot?

Jawab : Ya. harus sekolah pilot dan yang paling penting lulus mendapat lisensi. Tidak harus sekolah pilot negeri. Bisa sekolah pilot swasta yang memiliki wewenang mengeluarkan lisensi PPL,CPL,ataupun IR.

Kenapa sekolah pilot kok mahal?

Jawab: Pesawat barang khusus dan barang minoritas bukan barang mayoritas. Kalau dulu tahun 1945 ada kursus setir mobil,mungkin dahulu kursus setir mobil sama mahalnya dengan sekolah pilot karena mobil pada zaman itu langka. Kapan sekolah pilot murah? tunggu 100 atau 200 tahun lagi ketika pesawat sudah bukan menjadi bawang mewah seperti mobil di zaman sekarang.

Saya cowok,umur 14 tahun tinggi saya cuma 150 bisa jadi pilot nggak?

Jawab: ada kemungkinan bisa asal mau rajin olahraga supaya badannya tinggi. kenapa kok badan harus tinggi? jarak kursi dan pedal di kokpit untuk menggerakkan rudder sangat jauh. akan sulit kalau tinggi badan tidak mencapai batas ketentuan.

Kenapa  pesawat buatannya Pak Habibi tidak dipakai saja untuk penerbangan Indonesia?

Jawab : karena politik. dalam politik 1+1 hasilnya bisa 5. Sama dengan pesawat N-250 nya Pak Habibi. Karena politik,benda bagus dan indah seperti itu yang bisa terbang jadi dibuat "tidak bisa terbang".

Apa beda roket dan pesawat?

Jawab: bukan pesawat,tapi pesawat udara. Roket juga pesawat tapi bukan pesawat udara. Bedanya pesawat butuh udara luar untuk menghidupkan mesinnya. Roket tidak perlu udara luar karena sudah membawa oxidizer sendiri sebagai pengganti udara.

Apakah pesawat bisa mundur saat terbang?

Jawab: Bisa. untuk helikopter, pesawat AV-8 Harier,F-35,Yakovlev Yak-38.AV-8,F-35,Yak-38 itu pesawat apa? silahkan baca di google.

Apa beda insinyur dan mekanik?

Jawab: Insinyur bertugas menghitung dan membuat pesawat. Mekanik tugasnya memperbaiki dan merawat pesawat.

Apa beda pramugari dan flight attendant?

Jawab : kalau mereka terbang,mereka flight attendant. Kalau mereka lagi masak dirumah,mereka pramugari. Flight attendant sudah pasti pramugari/a. Pramugari belum tentu flight attendant.

Siapa yang bisa bekerja dipenerbangan?

Jawab : semuanya. Orang ekonomi ? dibagian tiket & keuangan. Orang elektro? dibagian avionic pesawat. Orang tata boga? Bagian catering penerbangan. Orang hukum? Dibagian regulator penerbangan. Orang pertanian? Tanpa mereka,bahan makanan catering penerbangan tidak akan bisa tumbuh dengan baik dan berkualitas. Orang seni? tidak ada pesawat yang dicat ngawur,semua dicat oleh ahli seni rupa dengan seni.  Orang musik? Hiburan musik di penerbangan bukan pilot yang menyanyi. Nah orang pertambangan &  perminyakan? Hahaha, pesawat terbang pakai minyak avtur,bukan air. Oke kalau gitu orang agama, uztad,pendeta,biksu,dan lain-lain? Yakin tanpa doa mereka penerbangan bisa selamat. Mangkanya berdoalah sebelum terbang. Terakhir, Jangan tanya bisakah pilot,pramugari,mekanik,dosen penerbangan,kerja di penerbangan.

Apa beda TNI AU dan penerbangan sipil?

Jawab: pernah ditilang pak polisi dijalan raya nggak? Kalau pernah, TNI AU yang menjaga kedaulatan di udara,yang mencegat (intercept) pesawat asing tanpa izin, kaya pak polisi yang di darat menilang kalian jika kalian tidak punya surat-surat izin berkendara alias SIM.

Apa beda pesawat sipil dengan pesawat militer?

Jawab: pesawat sipil tunduk pada aturan sipil dan teregistrasi sebagai pesawat sipil. Pesawat militer tunduk pada aturan militer dan diterbangkan  oleh tentara. Lalu F-16,sukhoi? Itu pesawat tempur. Pesawat tempur sudah pasti pesawat militer,tetapi pesawat militer belum tentu pesawat tempur.

Apakah semua pesawat TNI AU adalah pesawat tempur?

Jawab: tidak. TNI AU punya banyak jenis pesawat selain pesawat tempur. bahkan TNI AU punya pesawat untuk penyemprotan pertanian,nama satuannya Satuan Udara Pertanian (Satud-Tani),markasnya di Lanud Kalijati Subang,jawa barat.

Pesawat Sukhoi sama F-16 kalau bertarung menang mana?

Jawab: ada banyak faktor. kecanggihan pesawat,kualitas pilot,& mukzizat Yang Maha Kuasa. maksudnya? pesawat canggih dengan pilot tidak cerdas akan kalah dengan pesawat biplane dengan pilot cerdas. " 100 prajurit pilihan di tangan  1 komandan yang buruk akan sia-sia. 100 prajurit biasa ditangan 1 komandan cerdas akan menang".

Kenapa anak TK atau SD kalau ditanya cita-cita selalu menyebut jadi pilot,jadi astronot?

Jawab: Karena mereka masih polos dan tidak pernah melihat foto-foto mekanik dan FOO serta tidak pernah dikenalkan Gapura Angkasa atau Angkasa Pura oleh guru mereka.

Pesawat Boeing 737-800 Kepresidenan RI yang dipakai Pak Jokowi untuk tugas negara ada pramugarinya nggak?

Jawab: Ada. Pramugarinya prajurit WARA TNI AU.

Kalau pak presiden mau tugas negara yang jauh-jauh ke negara eropa atau amerika naik pesawat apa?

Jawab : Dulu Garuda yang wide body,yang Airbus A330. tetapi sekarang karena sudah punya pesawat khusus kepresidenan,jadi pakai yang Boeing 737-800 pesawat kepresidenan. tetapi semua tergantung pak presiden mau naik pesawat kepresidenan,pesawat garuda yang wide body,atau naik pesawat komersil biasa dengan pengawalan.

Saya pernah dengan istilah pilot terkena impact 4G,5G,6G itu apa?

Jawab: G-Force. 1 G = 9,8 m/s^2.  hutung berat kalian x 6 G sama dengan berapa newton. kalau kalian pernah jatuh dari pohon itu hanya 1 G. bayangkan kalian jatuh dari pohon dengan impact 6 G, 6 kali lipat dari kalian jatuh dari pohon. bagaimanakan tulang kalian setelahnya?

Saya cacat,tidak punya tangan,tidak punya kaki,apa saya bisa jadi pilot?

Jawab: bisa saja jika untuk pesawat pribadi bukan pesawat penumpang. Di luar negeri ada pilot cacat yang pernah menerbangkan pesawat kecil tetapi hanya untuk kepentingan pribadi. Tetapi alangkah baiknya dengan kekurangan tubuhnya tetap sekolah yang pintar dan belajar rajin,jadi insinyur pesawat seperti pak Habibi membuat pesawat membantu umat manusia dan justru membantu para pilot juga.

Kenapa di penerbangan harus bisa bahasa Inggris?

Jawab : instrument pesawat tertulis "no pitch information" bukan tertulis " Mboten wonten warto nanjak" .Bahasa internasional adalah bahasa Inggris. Semua sama,orang arab,mesir,italia,cina,dan lain-lain juga belajar bahasa Inggris termasuk paimin,tukino,sumirah di desa yang belajar penerbanganpun mereka juga akan belajar bahasa Inggris.

Waktu saya PKL,saya dengar teknisi TNI AU bilang cut engine, itu apa? Apa mesinnya dipotong?

Jawab : Bukan. Cut engine = engine dimatikan, itu bahasa penerbangan. Kalau landing gear. Apa gear motor yang sering dipakai tawuran? Bukan. Landing gear peralatan untuk pendaratan pesawat dan nanti ada lagi vocab penerbangan yang asing ditelinga kalian,ada Angle of attack, red out,black out, dan lain-lain. Angle of Attack atau AoA jangan diartikan serangan malaikat ya.

Terus bahasa inggrisnya kok banyak yang beda-beda sih. Saya harus belajar bahasa Inggris yang gimana?

Jawab: bahasa Inggris penerbangan.ada sendiri bukunya. Sesuai standar ICAO english proficiency dan ada levelnya.  Kok kenapa bahasa penerbangan bahasa inggrisnya khusus? Ah itu hanya perasaanmu saja. Ada juga kok english for business,english for naval,english for finance,english for agriculture. Semua disiplin ilmu ada bahasa inggrisnya sendiri-sendiri yang lebih khusus.


Kenapa kok komunikasi penerbangan khususnya pilot dan ATC  harus pakai alfa bravo charlie?

Jawab: pesawat terbang bergerak dengan kecepatan ratusan kilometer per jam dan coba bayangkan anda pilot sedang komunikasi sama teman anda yang pura-pura jadi ATC,lalu anda ngomong ke dia "bag back beck beg" dengan cepat dan suruh temanmu mengulang. Saya yakin temanmu langsung berhenti jadi ATC.

Kenapa kok pilot militer pakai seragam pilot warna orange atau hijau lumut dan pilot sipil pakai seragam putih?

Jawab : bayangkan kalau sopir bis,sopir truk pakai seragam polisi lalu lintas. Lantas bagaimana membedakannya?

Kenapa jadi teknisi pesawat testnya susah?

Jawab : kalau truk mogok bisa minggir. Kalau pesawat mogok?

Kenapa pramugari cantik-cantik?

Jawab: pramugari terbaik dan tercantik dalam hidup adalah ibu kalian. Pramugari cantik karena sopan santun dan keramah tamahannya membantu penumpang yang kesusahan. Semua orang yang menolong sesama tetap akan cantik dimata Tuhan.

Menikah sama pramugari bisa nggak?

Jawab: tidak ada yang tidak bisa. Tetangga saya mantan pramugari suaminya guru. Teman saya pramugari menikah sama tentara, ada yang menikah sama pegawai di pabrik semen,dan tetangga kecamatan ada yang menikah sama dokter.

Kenapa pilot rata-rata orang kaya dan cari pacar atau istri cantik-cantik?

Jawab : semua tergantung selera hak asasi manusia. Tapi coba cari kalangan pilot yang minoritas. Ada yang istrinya orang biasa,ada yang istrinya guru, istrinya bidan,dan itu ada. Pilot rata-rata orang kaya? Kenapa kok nggak belajar dari orang tuanya pilot yang dulunya hidup susah,merintis jadi pengusaha dan bisa menyekolahkan anaknya jadi pilot. Siapa tau kalau kalian tidak menjadi pilot dan jadi pengusaha,tetapi anak kalian yang meneruskan cita-cita kalian jadi pilot.

Saya ingin jadi pilot,tapi orang tua saya tidak mampu,gimana?.

Jawab: bagi yang muslim, ingat rukun islam kelima. Menjadi haji mabrur bukan berarti mereka semua yang  datang ke Mekkah. Semua tergantung hati dan restu Yang Maha Kuasa. Menjadi pilot yang mabrur? Bukan berarti harus membawa pesawat kan. Ingat chef juna sekolah pilot malah milih jadi koki,ingat anop singh takur,pilot professional malah milih jadi pemain mahabarata. Dan ingat ketika ada berita pesawat jatuh,pilot tewas,dan lainnya. Apakah uang menjadi berarti ketika kondisi seperti itu?. Sepeti judul website ini. Penerbangan bukan sebagai status sosial,tetapi sebagai sebuah tanggung jawab kepada umat yang lain karena penerbangan ilmu pengetahuan yang harus dipelajari sesuai perintah Tuhan.

Siapa itu Bapak Dwi Krismawan?

Jawab: Seseorang yang patut kalian jadikan contoh terutama bagi calon pilot ataupun pilot dan rekan-rekan penerbangan lainnya. Beliau tetap tegar walaupun mendapat ujian akibat kecelakaan pesawat latih  waktu beliau menjadi siswa yang menyebabkan wajahnya mengalami luka bakar dan tidak mungkin melanjutkan pendidikan pilot lagi. Terlebih bagi kaum hawa,contohlah istri beliau Ibu Bethania Eden.

Rem pesawat itu kayak mana ?

Jawab : Untuk mesin turbojet dan turbofan ada tiga. thrust reverse ,spoiler ,dan wheel brake. Tetapi,yang berfungsi saat terbang satu-satunya hanya spoiler. Rem roda? tidak mungkin karena di atas langit,roda pesawat tidak berfungsi. Pakai thrust reverse? no comment.

Mengapa pesawat delay?

Jawab: ada banyak. bayangkan kalian terlambat sekolah. pada malam harinya kalian begadang, bangun kesiangan,lupa setrika baju,lupa siapin buku,motor belum dipanasin,mesin mogok,akhirnya telat sampai sekolah,dan malam harinya begadang lagi,dan terus seperti itu tiada henti tanpa resolusi. Berarti delay karena pesawat begadang? bukan pesawatnya tapi sistemnya dan yang paling utama yang membuat sistemnya.

Mengapa kalau sekolah penerbangan,ketika cerita di kampung,orang-orang menyebut pilot ,padahal saya sekolah S-1 Teknik Penerbangan?

Jawab: kalau gitu kenalkan penerbangan dari segi ilmiah dan tekniknya supaya saudara di kampung yang selama ini hanya mengenal pilot,bisa mengenal penerbangan dari sisi yang lain.

Saya sekolah penerbangan boleh tidak untuk pamer terutama sama cewek-cewek di desa atau untuk modal mengambil hati calon mertua?

Jawab: apa nggak malu kalau cwek yang dipikat rajin ke masjid,ke gereja,rajin ke pura,rajin beribadah sedangkan anda malah sibuk dandan serta membanggakan penerbangan yang jelas-jelas sangat kecil di mata Tuhan.




Mengapa kalau naik pesawat,HP dimatikan?

Jawab: bayangkan kalian sedang bekerja atau belajar. Apa yang kalian rasakan kalau lagi belajar ada orkes dangdut koplo di sebelah rumah ? Bagi pesawat,frekuensi sinyal HP kalian adalah irama dangdut koplo yang dapat mengganggu frekuensi percakapan pilot dengan ATC. Lalu kalau saya mau dengarkan lagu pakai HP saya dipesawat gimana? aktifkan flying mode pada handphone kalian.

Apakah kalau presiden mau take off atau landing harus prioritas?

Jawab: sama seperti di darat. Presiden adalah kepala negara dan simbol negara. Ketika akan take off dan landing,semua pesawat harus menunggu,atau jika masih di atas langit harus holding terlebih dahulu,memberi jalan kepada presiden untuk terbang.


Berapa gaji pilot,pramugari,mekanik pesawat?

Jawab: Buka saja di www.qerja.com

Mengapa pesawat aeromodeling mahal?

Jawab: karena barang hobi,bukan barang masal seperti HP.

Saya guru,saya ingin jadi astronot bisa tidak?

Jawab : Bisa. Christina McAuliffe adalah astronot yang profesinya guru. Terus kalau saya dokter? Bisa. Syeikh Muzzapar Shukor,astronot Malaysia adalah dokter ahli tulang atau orthopedic. Saya lulusan perikanan dan kelautan bisa nggak? Bisa. Megan.Mc Arthur adalah astronot lulusan sarjana ilmu kelautan.

Mengapa kok kita nggak boleh masuk dan jalan-jalan di dalam area runway bandara?

Jawab: Itu bukan terminal bis. Manusia terbang ke angkasa saja adalah melawan kodrat yang tidak bisa terbang dibuat terbang dan pasti banyak resikonya. Jadi jangan menambah resiko lagi dengan main di dalam aera bandara.

Mengapa landasan pacu (runway) pesawat kok bersih?

Jawab : Biar tidak ada kotoran yang tersedot mesin pesawat dan harusnya rumah kita jauh lebih bersih dari landasan pacu pesawat.

Boleh nggak sih sebelum kita naik pesawat,kita foto-foto dulu?

Jawab : Iya kalau naik pesawatnya pakai tangga,bisa jalan ke apron dan foto-foto. Kalau naik ke pesawatnya pakai aviobridge atau garbarata,memang bisa foto-foto? :-D

Pilot pesawat Boeing 737-900 kalau lagi terbang boleh makan nggak?

Jawab : Ya boleh donk,asalkan dalam kondisi terbang cruising atau terbang jelajah,tidak dalam keadaan emergency. Dengan catatan,makan porsi sewajarnya bukan makan prasmanan di kokpit.


Kalau kita mau naik pesawat,sebelum naik pas jalan menuju tangga,boleh nggak kita keliling sebentar lihat-lihat bagian-bagian pesawat,lihat abang-abangnya yang lagi naikin bagasi, lihat mobil catering,lihat mobil pengisi bahan bakar?

Jawab : tidak usah. petugas bagasi,petugas pengisi bahan bakar aja ingin banget ngerasain namanya naik pesawat,kok kalian yang udah punya tiket tinggal duduk manis,menikmati pelayanan maskapai malah mau jalan-jalan.

Black box itu apa? 

Jawab: untuk merekam data penerbangan dan suara komunikasi pilot. Apakah warnanya hitam? Bukan, warnanya orange terang. Kok dibilang hitam? sama saja kalian bingung kampus biru itu kampus UI,UGM,ITB.atau Trisakti. Kalau begitu yang benar black box atau orange box? kalau gitu sebut saja FDR dan CVR. beres.

Mengapa pesawat militer tidak pakai blackbox?

Jawab : strategi perang. kalau pesawat militernya jenis boeing sperti pesawat penumpang? tetap saja tidak ada. bukan tidak ada,tapi tidak dipasang.

Kalau kecelakaan pesawat kok KNKT meyelidiki penyebab jatuhnya pesawat. KNKT itu apa?

Jawab: Komite Nasional Keselamatan Transportasi mereka yang memiliki wewenang untuk menyelidiki  pesawat sipil yang jatuh di Indonesia. Kok hanya pesawat sipil. kalau pesawat militer yang jatuh? TNI AU sudah punya KNKT sendiri namanya Dislambangja (Dinas keselamatan terbang dan kerja)

Dimana saya bisa tau kalau pesawat Fokker-100 yang akan turun di suatu bandara dan bandara itu aman tidak njeblos kalau dipakai turun pesawat tersebut?

Jawab : Lihat kode ACN Fokker-100 dan kode PCN bandara tujuan.

Apa beda pesawat penumpang dan pesawat charter?

Jawab: orang penerbangan menyebutnya pesawat berjadwal dan tidak berjadwal. bukan penumpang dan charter seperti bis.

Saya sekolah pilot enaknya belajar pakai buku apa?

Jawab: buku ASA,FAA,& Jeppesen. Kalau saya S1 Teknik Penerbangan,pakai buku apa? tergantung kosentrasi anda.

Oke kalau gitu saya S-1 ambil kosentrasi  propulsi penerbangan?

Jawab: pakai bukunya Cohen,Jack.D.Mattingly,atau Said Farookhi. Kalau aerodinamika? pakai bukunya J.D.Anderson. Kalau avionik? pakai bukunya Mike Tooley. kalau perancangan pesawat? bukunya Jan Roskam & David Raymer. Kalau prestasi terbang? Maido Saarlas & Jan Roskam. Kalau struktur pesawat? bukunya T.G Megson atau DJ Perry. kalau kestabilan dan kontrol pesawat? bukunya Robert C Nelson. kalau UAV,landing gear,sistem,navigasi,ATC,material pesawat,bandara,pakai bukunya siapa? kontak saya via FB.

Kuliah S1 saja sudah pusing,terus kalau S2 atau S3  hingga professor teknik penerbangan yang dipelajari apa?

Jawab: Bayangkan seorang dokter spesialis. S1 penerbangan adalah dokter umum pesawat. kalau S2,S3,dan professor sudah dokter spesialis pesawat,lebih mendalam dan lebih khusus. Contohnya? Prof.J.D.Anderson,professor ahli atau spesialis aerodinamika. Prof.Jack.D.Mattingly,professor ahli propulsi pesawat. Prof.Jan Roskam,ahli perancangan dan mekanika terbang. Prof.B.J.Habibie atau pak Habibie ahli material dan struktur pesawat. Kalau ilmu mereka digabung? ya jadi sebuah pesawat.

Saya lulusan sarjana S1 teknik penerbangan kerja di airlines kok gajinya lebih kecil daripada pilot,padahal sekolahnya udah pusing,udah capek dan lama. Pilot sekolahnya Cuma sebentar gajinya besar.itu gimana?

Jawab : Lihat bro sarjana teknik elektro , capek-capek sekolah,meneliti rangkaian listrik,sampe jadi gitar listrik tapi gajinya malah besar pemain band.

Saya Sarjana S1 Teknik Penerbangan,nggak punya lisensi,kerja di maintenance,kok gajinya kalah sama lulusan SMK/STM yang punya lisensi A1 & A4?

Jawab: Gimana sih bro. mas bro kan kuliah S1 untuk jadi pembuat dan dokter spesialisnya pesawat,kok malah ngelamar jadi perawatnya pesawat. Mas bro kan S1, Mas bro kan harusnya membuat pesawat kaya Pak Habibie di PT DI,atau jadi Dosen,atau jadi  peneliti di BPPT,Lapan,jadi staf peneliti KNKT,staf Dirjen Perhubungan Udara,kalaupun ke airline jadi staf operasional. Pak Habibie bisa kok buka baut,beliau bisa kok merivet skin pesawat,tapi buat apa beliau bongkar-bongkar pegang rivet gun kalau beliau mampu melakukan yang lebih besar lagi dan ilmunya dibutuhkan orang banyak,itu lho bro yang disebut tenaga ahli atau sarjana ahli,bukan sarjana terampil.

Terus apakah saya sarjana nggak boleh terampil?

Jawab: terampil yang gimana nih? Ya menguasai prakteknya mas. oh ya boleh toh, lebih bagus itu. Kalau mas bro jadi pimpinan dan punya anak buah,mas bro sudah siap memimpin rekan kerja anak buah mas bro. Kalau cuma ahli dalam teori nanti begitu rekan kerja anak buah mas bro salah dalam bekerja mas bro kan bisa saja nggak tau kalau nggak belajar terampil juga.

Berarti saya harus jadi sarjana yang juga mengerti praktek?

Jawab: yes sip 100 buat mas bro. Loh tapi kan butuh pengalaman. Gimana mas? Pengalaman didapat waktu praktikum kampus,praktek kerja lapangan,magang,dan lain-lain mas bro. Kalau pas magang,mas bro belajar dari rekan-rekan kita yang STM yang terampil, ilmu mereka sangat berguna lho untuk pengalaman. Begitu mas bro diterima kerja disitu,mas bro kan akan jadi atasan mereka. Kalau waktu magang mas bro sopan,menghormati mereka,menjadikan mereka teman kerja dan team,dengan sendirinya mas bro akan dihormati mereka walaupun mas bro staf baru atau atasan baru.

Lha piye mas, saya dulu kuliah S1 nggak diajarin merivet,nggak ada praktikum bongkar mesin pesawat, nggak ada praktikum engine grounded. Gmn mas?

Jawab: IDK ( Itu Derita Kampus ) dan juga derita kita bersama mas bro sebagai orang penerbangan kalau ada kampus yang kaya gitu. Mas bro kuliah S1 Penerbangan dimana sih? Ohhh disituuuu…,ya ya ya.

Jadi saya harus pandai menempatkan diri gitu?

Jawab : yupp betul sekali.Berfikirlah maju mas bro. Lulusan Sarjana Penerbangan di Indonesia sedikit. Kalau bukan mas bro yang mengembangkan,lantas siapa lagi. Jangan sampailah kejadian seperti yang dialami pak Habibie. Orang jenius,pintar,aset bangsa,bisa membuat pesawat,malah harus berurusan sama politik yang tanpa beliau ingin. Cukup Pak Habibie saja yang merasakan. Setelahnya, kalau politik tidak sehat ikut cawe-cawe dalam penerbangan,mari kita lawan sama-sama mas bro.

Apa perbedaan roket dengan missile?

Jawab : missile sudah pasti roket.Roket belum tentu missile.

Bahan bakar roket itu apa?

Jawab : propelan. jenisnya? padat,cair dan hybrid. kalau indonesia pakai propelan apa? ada yang cair ada yang padat. tapi lebih banyak pakai yang padat.

Kalau indonesia tempat bikin roket dimana?

Jawab: Pusat Teknologi Roket (Pustekroket) Lapan, di Rumpin,Bogor.

Saya ingin belajar terjun payung. dimana saya bisa daftar?

Jawab: FASI

Kenapa helikopter tidak punya sayap?

Jawab : Punya. sayapnya berputar. loh itu kan baling-baling? di ilmu penerbangan,itu bukan baling-baling tetapi rotary wing.

Saya pesan tiket lion air,ada tulisan kode pesawatnya JT. JT itu kode apa?

Jawab: kode IATA. kalau LNI? itu kode ICAO nya lion. kalau IATA nya garuda? GA. kalau ICAO nya garuda? cari di google.

Lalu ada lagi di tiket saya kok bandara tujuan saya batam ditulis BTH? itu kode apa?

Jawab : kode IATA bandara hang nadim batam. kalau kode ICAO nya hang nadim? WIDD. kalau bandara sukarno hatta? biasaa,cari di google.

Kode IATA untuk apa,kode ICAO sebenarnya untuk apa?

Jawab : kode IATA untuk bisnis. kode ICAO untuk teknis. contohnya? IATA untuk ditulis pada tiket kalian karena masuk ranah bisnis. kode ICAO dipakai pilot dan ATC untuk berkomunikasi karena masuk ranah teknis.

Lalu dibadan pesawat ada tulisan PK-KLH. itu kode apa lagi?

Jawab : pernah lihat plat motor kan? itu nomor registrasi pesawat yang dikeluarkan DGCA.negara asli pesawat istilahnya plat nomor pesawat atau orang penerbangan menyebutnya tail number. kok gak pakai plat kaya motor? kalau pakai plat nanti,angkanya dibuat-buat seperti tulisan huruf kaya di plat motor kalian hahaha AB 1 KU, BH  54 TU (tepok jidat). 

Kalau gitu,kemarin kan paman saya naik haji pakai pesawat garuda. tapi kok tulisan pesawatnya PIA Airlines dan kodenya bukan PK tapi AP?

Jawab: kalau pas musim haji itu wajar. Indonesia negara dengan umat muslim terbesar di dunia dan yang naik haji banyak serta pesawat garuda terbatas untuk membawa jamaah haji Indonesia. kode AP adalah registrasi pesawat untuk negara Paksitan dan PIA Airlines adalah maskapai milik Pakistan yang tetap menggunakan nama garuda indonesia karena dimintakan tolong oleh garuda untuk mengangkut jamaah haji Indonesia.

Kok banyak sekali ya kode-kode registrasinya?

Jawab: sudah dibilang tidak ada yang tidak penting pada semua bagian pesawat. Belum lagi kode part atau bagian-bagian pesawat pada manual maintenance pesawat.

Saya mau bikin skripsi,wawancara kepada beberapa pilot maskapai saat terbang di udara. boleh nggak?

Jawab : whueee orang kaya. boleh neng. izin sama pursher atau cabin one alias kepala flight attendant saat terbang. nanti mereka yang akan ngomong sama kapten. kalau diizinkan kapten,silahkan ke kokpit tanya-tanya dan salaman. Ini banyak dilakukan oleh wartawan atau sekolah pramugari swasta yang mau wawancara sama pilot diudara. ( ingat wawancara hanya saat terbang cruising atau terbang ferry ya. jangan pas mau take off atau landing).

Bolehkah kita memilih tempat duduk di pesawat?

Jawab : Izin waktu check in. kalau kursinya masih kosong dan kalau diizinkan sama petugas check in,silahkan duduk di nomor kursi pilihan dengan kelas yang sama.

Mengapa kok sekolah pilot malah di bandara yang ada di daerah. seperti di bandara curug,di bandara belimbing sari banyuwangi,di bandara husein sastranegara bandung,kok tidak di bandara soekarno hatta?

Jawab : kalau kalian tinggal di Jakarta Pusat,bayangkan kalian kursus setir mobil di jalan gunung sahari pas jam pulang kantor. Kalau di Jogja,bayangkan kalian kursus setir mobil di jalan laksda adisucipto,dari depan lippo plaza sampai pertigaan gejayan pada saat jam pulang kantor. 

Di Amerika,Rusia,Cina,angkatan lautnya ada yang membawa pesawat tempur seperti F-18,Sukhoi SU-33. kalau indonesia?

Jawab: di Indonesia semua pesawat tempur atau fighter dioperasikan seluruhnya oleh angkatan udara.Lalu angkatan laut dan angkatan darat punya pesawat nggak? punya. mereka punya penerbal dan penerbad,tetapi pesawat mereka bukan pesawat tempur taktis.

Saya pernah dengar kalau dahulu alutsista kita,terutama pesawat militer kita diembargo, kenapa bisa?

Jawab : tidak semua pesawat militer diembargo. yang diembargo hanya buatan amerika. kok bisa? amerika kalau jual pesawat + ideologi+ ngatur rumah tangga orang, kalau rusia jual pesawat murni bisnis dan setelahnya itu urusanmu dan pesawatmu mau diapakan.

Dulu angkatan udara kita pernah jaya di zaman pak Sukarno.kenapa? 

Jawab: Pak Sukarno pandai melobi rusia,dan mengizinkan kita beli pesawat-pesawat rusia yang canggih yang bahkan baru hanya dipakai oleh rusia itu sendiri. Zaman pak harto,kita berpihak ke barat (amerika & inggris) tetapi kita beli pesawat buatan amerika yang sudah ketinggalan bagi mereka. Lalu diera sekarang? doakan saja semoga hanggar IFX yang sudah dibangun PTDI akan melahirkan pesawat tempur IFX generasi baru buatan sendiri.

Trayek pesawat garuda terjauh sampai negara mana?

Jawab : Amsterdam dan London. transit nggak? ke amsterdam langsung dari jakarta. yang ke london transit via amsterdam. Pakai pesawat apa? Boeing 777 terbaru milik garuda.

Trayek garuda yang ke luar negeri kemana aja?

Jawab: ada banyak. jepang,korea selatan,cina,hongkong,arab,dubai,australia,amsterdam,london. lalu kemana lagi? yang dekat-dekat ya malaysia,singapura,dan lain-lain. Pakai pesawat yang jenis apa? rata-rata yang keluar negeri dan jarak jauh pakai Boeing 777,747,dan paling banyak A330. Biasanya berangkat dari indonesia jam berapa? malam hari,jam 12-an.

Bapak,saya mau bertanya,saya mau operasikan itu pesawat di papua,yang cocok pesawat apa untuk di kampung saya. mereka punya landasan itu rumput bergelombang bagaimana?

Jawab: Pakai Pilatus porter PC-6

Kalau saya mau beli pesawat khusus untuk menyemprot perkebunan sawit saya cocoknya pakai pesawat apa?

Jawab : Pakai air tractor,ayres thrus,embraer ipanema,atau kalau masih baru merintis coba hubungi Satuan Udara Pertanian TNI AU di Lanud Kalijati. Ahli penyemprotan pertanian ada disana semua.

Apa beda antara Lapan,PT DI,dan Garuda Indonesia?

Jawab: Lapan lembaga pemerintah dibidang penerbangan dan penelitian luar angkasa. PT DI adalah salah satu BUMN yang membuat dan merancang pesawat terbang. Garuda adalah salah satu maskapai penerbangan BUMN. Persamaannya ketiganya apa? sama-sama ada disekitar pesawat.

Boleh nggak kalau saya membawa bekal makanan ketika terbang dan menyuapi anak saya saat terbang?

Jawab: Boleh. menyuapinya saat terbang cruising atau ferry,jangan pas take off atau akan landing.

Kenapa kok di game flight simulator,untuk pilihan livery maskapainya tidak ada pilihan maskapai yang ada di dunia nyata seperti garuda,lion,dan lain-lain?

Jawab: Microsoft membuat flight simulator atau FS menghormati airlines di dunia nyata dan bukan dalam kepentingan promosi. Bayangkan kalau kalian main FS apalagi dengan pesawat yang sudah terformat PMDG dengan kualitas gambar yang bagus dan kalian tabrak kan ke gunung lalu kalian sebarkan fotonya. Ksihan maskapai aslinya karena orang awam mengiranya itu pesawat sungguhan padahal hanya game simulator.

Berarti apakah kita tidak boleh menggunakan livery maskapai seperti aslinya di FS?

Jawab: Boleh,asalkan mainnya dengan aturan dan mengikuti etika yang dianjurkan IVAO. Belajarlah dari menerbangkan pesawat kecil dan bertahap ke pesawat wide body. Kalau pesawatnya jatuh atau crash jangan disebar-sebarkan di dunia maya, karena kalau maskapai yang liverynya kalian pakai menuntut,kalian bisa tersandung hukum & UU ITE.

Apa film yang ada adegan perang-perangan pesawat tempurnya?

Jawab: Top gun, Iron Eagle 2,stealth,airforce one. Kalau rusia Mirror Wars. Kalau Indonesia Perwira Ksatria.

Wind Tunnel itu apa?

Jawab: Terowongan angin. Fungsinya? untuk uji coba karakteristik aliran fluida disekitar benda uji. Karena dipenerbangan,benda ujinya ya desain pesawat.

Kenapa kok kalau  ketinggian pesawat pakai satuan feet?

Jawab : Karena kebiasaan. Pakai meter juga boleh, pakai kilometer juga boleh, atau bahkan kalau mau pakai dekameter,desimeter,hektometer tetapi tidak lumrah atau tidak terbiasa dikalangan penerbangan.

Kenapa kalau pengukuran jarak antara waypoint penerbangan atau jarak saat terbang menggunakan nm (nautical miles) ?

Jawab : Pakai kilometer ya boleh,mau pakai meter juga nggak apa-apa. Tapi ya itu, karena kecepatan pesawat lebih sering menggunakan knots,itu kenapa navigasi penerbangan lebih prefer ke satuan nautical mile untuk jarak karena 1 knots = 1 nm / jam.

Kalau terbang 30000 feet itu seberapa?

Jawab : Bayangkan penggaris 30 cm di tegakkan ke atas sebanyak 30000 buah penggaris.

Berarti 1 feet sama dengan panjang satu buah penggaris 30 cm?

Jawab : Yes betul,tepatnya 0,3 meter atau 30 cm.

Bagaimana cara mengetahui kualitas roket secara keseluruhan?

Jawab : Lihat Impuls Spesifik atau ISP nya.

Mengapa saat take off atau landing,penutup jendela pesawat disarankan untuk dibuka?

Jawab : Salah satunya mengantisipasi kalau terjadi kecelakaan atau pesawat jatuh di air,maka penumpang di dalamnya bisa terlihat oleh petugas penolong atau tim SAR dan petugas dapat mengetahui ada pergerakan penumpang jika masih ada yang hidup.

Mengapa saat take off,lampu di dalam kabin dimatikan oleh pilot?

Jawab : Bayangkan saja jalan di kompleks perumahan sedang di tutup untuk prioritas karena ada kondangan disebelah rumah. Listrik pesawat saat akan take off diprioritaskan untuk keperluan instrument dan kepentingan pilot dulu. kalau sudah di atas nanti akan dihidupkan.

Kenapa menjadi pilot fisiknya harus sehat? 

Jawab : Karena di atas sana bukan tempat yang layak untuk hidup manusia. Penumpang hanya naik pesawat sekali dalam perjalanan,sedangkan pilot harus berkali-kali melakukan trip atau perjalanan.

Berarti kalau menjadi taruna penerbang misalnya di plonco,di tampar,di pukul oleh senior,apakah itu salah satu kebutuhan latihan fisik pilot?  

Jawab : Tidak perlu dan tidak ada gunanya. Pilot menerbangkan pesawat bukan untuk berkelahi atau pukul-pukulan dengan co-pilot atau pramugari di atas sana.

Saya lulusan D3 aeronautika,saya ingin cari beasiswa untuk S1 penerbangan lewat mana?

Jawab : Kalau dari D3 lebih baik ke S1 dulu lewat kuliah alih jalur,lintas jalur,atau lainnya sesuai nama program di kampus yang akan dimasuki yang intinya membuka kelas alih jalur dari D3 ke S1. Lama belajarnya bervariasi untuk D3 ke S1 ada yang 1,5 tahun,ada yang 2 tahun,dan lain-lain. Karena jurusan yang ditanyakan di penerbangan,beasiswa teknik penerbangan kebanyakan hanya untuk S1 yang ke S2,bukan D3 ke S1 dan itu kenapa untuk alih jalur ini mungkin harus menggunakan biaya pribadi dulu dan nanti kalau sudah lulus S1 mau lanjut S2 tinggal pilih beasiswa Teknik Penerbangan untuk S2,bisa daftar beasiswa LPDP,Dikti,dan lain-lain. Kampus teknik penerbangan mana yang membuka alih jalur D3 ke S1,coba tanyakan langsung ke kampus-kampus yang menyelenggarakan S1 Teknik Penerbangan seperti ITB,Universitan Nurtanio,STT Adisutjipto,dan Universitas Suryadharma,apakah mereka membuka program alih jalur untuk D3 ke S1.

Kalau material pesawat di pelajari di Teknik Metalurgi,lalu avionik di Teknik Elektro,propulsi atau mesin sudah di pelajari TeknikMesin,Dinamika terbang atau persamaan gerak dibahas pada fisika dan matematika,lantas Teknik Penerbangan fungsinya apa?

Jawab : Ilmu dibagi menjadi beberapa fungsi dan department salah satunya sains/MIPA dan teknik. Simplenya, anak MIPA yang membuat rumus dan anak teknik yang membuat bendanya dengan merekayasa menggunakan rumus yang dibuat anak MIPA. Lalu apa fungsi teknik penerbangan,teknik perkapalan,teknik peroketan,dan lain-lain? nama depannya Teknik berarti fungsinya membuat rekayasa atau benda dan nama belakangnya penerbangan berarti merekayasa membuat benda untuk bidang penerbangan.

Berarti apa beda teknik penerbangan dengan teknik mesin?

Jawab : teknik mesin bertugas merekayasa dan membuat mesin secara universal atau umum. Teman-teman teknik mesin mampu membuat mesin piston,mesin carnot,mesin diesel,mesin gas turbine atau jet,mesin wankel,dan mesin-mesin lainnya. Teknik penerbangan,karena pesawat hanya menggunakan mesin gas turbine atau jet dengan mesin piston,maka teknik penerbangan hanya mempelajari mesin piston dan jet,tidak mempelajari mesin disel. Contoh lain antara teman-teman jurusan teknik metalurgi dengan teknik penerbangan. Teman-teman teknik metalurgi mempelajari semua bahan logam,besi,nikel,seng,dan lain-lain. Teknik penerbangan karena materialnya dari aluminium atau komposit,maka teknik penerbangan hanya mempelajari aluminium dan komposit. teknik penerbangan tidak mepelajari seng,tembaga,perunggu,dan lain-lain karena materail pesawat tidak pakai perunggu.

Berarti kalau ada anak Teknik Mesin membuat mesin pesawat,apa bisa dikatakan Teknik Penerbangan?

Jawab : Tidak bisa. Walaupun sama-sama teknik,walaupun membuat mesin pesawat,tetapi teman-teman teknik mesin tidak menempuh kredit sks studi Teknik Penerbangan. Sama dengan Teknik Penerbangan yang membuat mesin piston pesawat tidak bisa dikatakan Teknik mesin karena kuliahnya tidak menempuh kredit sks sesuai teknik mesin. Teknik mesin yang membuat mesin jet untuk pesawat membantu teman-temannya di teknik penerbangan untuk membuat mesin jet,sama dengan teknik penerbangan membuat mesin piston untuk membantu teknik mesin dalam membuat mesin piston. Teknik mesin dan penerbangan sama-sama berkolaborasi dan koordinasi. Sederhananya,teknik komputer yang kerja di bank bukan berarti disebut orang ekonomi.

Boleh tidak kalau S1 nya Teknik Penerbangan,lalu lanjut S2 nya ambil Mipa Fisika atau Matematika?

Jawab : Boleh saja,asal bisa mengikuti. tetapi,alangkah baiknya kalau S1 nya teknik waktu S2 nya ambil teknik juga syukur-syukur ambil S2 nya teknik penerbangan juga istilahnya kalau anak kuliah menyebutnya jurusan serumpun atau linier.

Apakah merk pesawat cuma boeing dan airbus?

Jawab : Tidak. merk pesawat ada banyak,ada lockheed martin,embraer,bombardier,casa,northrop grumman,fokker,dan lain-lain. Bahkan,Honda,Mitsubishi,Kawasaki yang lebih terkenal membuat sepeda motor juga membuat pesawat terbang merek Honda,Mitsubishi,Kawasaki,dan lain-lain.

Kenapa mas nggak kasih kontak bbm,HP, atau WA di website supaya kalau saya mau tanya bisa langsung hubungi tanpa harus kirim email ?

Jawab : dulu sudah pernah,tetapi disalahgunakan oleh beberapa oknum mahasiswa & juga kepala gengnya yang ternyata berasal dari satu almamater dengan saya di kampus xxxx dengan alasan tidak menghargai perjuangan khilafah & tidak mengutamakan almamaternya dalam sharing ilmu,padahal web saya,ilmu saya adalah untuk semua golongan karena saya juga masih belajar dan terus belajar tentang penerbangan. baik islam,kristen,hindu,budha,jawa,sunda,betawi,bugis,papua, universitas apapun,akademi,sekolah tinggi,madrasah,SMA,SMP,SD,bahkan TK dan semua saudara-saudara saya berhak mendapat perlakuan yang sama & saya tidak peduli walapun dari almamater saya sendiri kalau cara bicaranya tidak sopan akan saya sikat!!. Jadi mohon maaf bagi yang meminta kontak BBM/WA/HP bukannya saya tidak mengizinkan,tetapi demi keadilan supaya almamater saya sedikit belajar dari guru yang berbeda, kalau orang lain di luar saja yang tidak ada hubungan almamater dengan saya menjaga sopan dan mengirim email dengan sapaan hangat dan santun.

Kalau Boarding Music itu apa?

Jawab : Musik yang diputar di dalam pesawat untuk dinikmati saat boarding  (saat kalian mulai masuk ke pesawat sampai pesawat akan berangkat) supaya kalian tidak jenuh. Boarding music setiap maskapai berbeda-beda. Lalu kalau kita mau request misalnya ingin diputarkan lagu campursari bisa nggak ? Jawab : Coba tanya mbak pramugari,siapa tau Kapten atau cabin crew lainnya punya mp3 "Layang Kangen-Didi Kempot" ben tambah gayeng hahaha.

Mas,gimana tanggapannya tentang akhir-akhir ini beberapa penumpang ngamuk,ribut,bahkan ngomel-ngomel di pesawat karena pesawat delay?

Jawab : Untuk kasus delay karena manajemen airlines yang bermasalah ada YLKI yang siap menjadi wadah aspirasi penumpang,tidak perlu ngamuk di dalam kabin. Kalau kasus delay karena ada penumpang membahayakan(ngancam bom,bertindak fisik) ada AVSEC yang siap mengamankan. Kalau delay karena cuaca,silahkan mengadu dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa,jangan ngamuk-ngamuk sama pramugari. Kurang enak apa coba setiap masalah ada wadahnya. Ngamuklah dengan waktu,tempat,dan orang/pihak yang sesuai karena ngamuk di dalam kabin,memarahi cabin crew itu waktu,tempat,dan orangnya tidak sesuai. Kalau ngamuk delay karena sedang ada perbaikan pesawat akibat komponen pesawat rusak,coba suruh mereka yang ngamuk nonton Air Crash Investigation National Geographic Channel biar mereka tau akan jadi apa kalau pesawatnya tidak di perbaiki terlebih dahulu.

Mas,saya mau cari peta navigasi & enroute penerbangan yang ukurannya besar tetapi khusus untuk wilayah Indonesia belinya dimana?

Jawab : Hubungi PT Indoavis Nusantara silahkan berkunjung ke websitenya indoavis di indoavis.co.id

Mas,saya rencana mau PKL tentang makanan saat onboard penerbangan,mempelajari menu-menu yang dikonsumsi penumpang airlines tempatnya dimana?
Jawab : Coba ajukan surat PKL ke PT Aerofood. Mereka punya cabang hampir disetiap bandara.

Saya kemarin lihat ada dokter gelar belakangnya Sp.KP,itu dokter apa? apakah sama dengan spesialis kandungan,spesialis penyakit dalam,dan lain-lain?

Jawab : Dokter spesialis kesehatan penerbangan. Jenjangnya sama yaitu dokter spesialis seperti spesialis kandungan,dan lain-lain tetapi tugasnya beda. Kalau Spesialis kandungan tugasnya menolong ibu melahirkan,kalau spesialis kesehatan penerbangan tugasnya dalam bidang kesehatan penerbangan,mengeluarkan license medex untuk personel penerbangan (pilot,pramugari,dan lain-lain).

Mengapa dokter kesehatan penerbangan harus spesialis,kok nggak pakai dokter umum saja atau dokter spesialis jantung,spesialis penyakit dalam?

Jawab: Namanya saja spesialis,berarti mereka memang disiapkan dan dikhususkan untuk penerbangan. Saya gambarkan saja, ada dua orang darurat hipoksia (kekurangan oksigen), yang satu wagiman yang satu pilot F-16. wagiman  hipoksia karena gangguan nafas waktu tidur di rumah,dan yang satu pilot F-16 hipoksia karena melakukan macnuver aerobatik jungkir balik dengan pesawat. dua kasus sama-sama hipoksia tetapi jelas dokternya berbeda. wagiman ditangani dokter spesialis paru (pulmonologi),pilot F-16 ditangani spesialis kesehatan penerbangan. Apakah spesialis kesehatan penerbangan tidak bisa menolong wagiman? ya bisa,namanya darurat,sebaliknya spesialis paru-paru bisa juga menolong pilot F-16 yang hipoksia,tetapi kembali pada kasusnya dan kompetensinya.

Kalau gitu,kenapa hanya penerbangan yang punya dokter spesialis?

Jawab : ahh apa iyaa ,sekali-kali dong liat Chris John tanding tinju,main dekat ring liat dokter yang jaga gelarnya SP.KO (spesialis kedokteran olahraga),sekali-kali main ke pembangkit tenaga nuklir,liat dokternya yang jaga gelarnya SP.KN (spesialis kedokteran nuklir). di luar negeri sana,hampir setiap bidang kerja punya dokter spesialis. Kalau di Indonesia mungkin belum begitu terkenal. Oke Bro,jadi kalau naik motor jatuh terus memar,langsung ke spesialis penyakit dalam ya bro,jangan ke spesialis kedokteran olahraga,kecuali mas bro memar karena adu tinju. Kalau mas bro main layang-layang,terus jatuh dan tulangnya patah,langsung ke spesialis ortopedi ya bro. Jangan karena layangan bagian dari penerbangan langsung ke spesialis kesehatan penerbangan karena alasan korban layangan.

Om,kenapa merpati,mandala air,batavia air,dan adam air sekarang tutup? apa penyebabnya?

Jawab : Merpati tutup karena bangkrut salah satunya hutang avtur ke pertamina,batavia tutup karena bangkrut salah satunya terlanjur sewa Airbus330 buat angkut haji,tetapi nggak dapat izin buat angkut haji. Mandala tutup karena bangkrut karena sepi pembeli,dan adam air tutup disebabkan pemilik saham menarik uangnya dari adam air karena adam air meremehkan keselamatan penerbangan dan karena uangnya ditarik,ujung-ujungnya juga jadi bangkrut.

Kenapa ya kok bisnis airlines resikonya tinggi gampang sekali bangkrut?

Jawab: ya gampang banget, kalau jualan beras,modal 8 ribu,dijual 10 ribu,untung 2 ribu. Tetapi semua orang setiap hari dikali banyak dikali sering pasti makan nasi. Bisnis airlines,modal 100 miliar,untuk modal ini itu dll,begitu tiket & kargo dijual dapat 120 miliar dan untung 20 miliar,tetapi tidak semua orang setiap hari naik pesawat. so,pilih mana? bisnis untung kecil tapi lancar atau sekali untung dapat banyak tetapi jarang-jarang?

Lalu,bagaimana dengan tiket murah?

Jawab : wahhh,tiketnya mahal aja akuntan maskapai sudah pusing hitung pengeluaran dan pendapatan,gimana kalau dijual murah?. Belum kalau sudah tanding dengan maskapai lain.

Lalu kenapa om ada maskapai yang kuat dan semakin kuat disuatu negara?

Jawab : karena tiga. uangnya bagus,pelayanan penerbangannya disiplin,dan politik  pemilik maskapainya bagus. Tetapi pada kenyataannya yang jadi faktor penentu dan menjadi raja adalah karena politik. Karena,ada maskapai X suka delay sampai penumpang ngamuk,masuk berita,nyatanya pemiliknya santai-santai saja. Ya jelass,bos besar dekat sama pemerintah kok. 

Mas,saya kemarin lihat pesawat di TV sy kira pesawat F-16,nggak taunya pesawat buatan cina tapi mirip banget sama F-16.

Jawab : Jangankan pesawat,wong HP Nokia yang asli sama Nokia KW buatan china aja saya juga bingung mas.ya wajar kalau sampean sekilas sempat bingung antara F-16 sama JF-17 nya china yang hampir mirip.

Kalau pesawat kloningan/tiruan kayak gitu gimana ya kualitasnya?

Jawab : Unproven. Bayangkan saja HP Nokia yang asli sama nokianya china mas.Pemakaian sama-sama wajar tetapi lihat siapa yang lebih dahulu rusak.

Terus kenapa ya kok dengan kualitas barang KW kayak gitu china berani tunjuk taring ke dunia dan sekarang jadi negara yang  diperhitungkan?

Jawab : Ya wajar berani. uang banyak,jumlah penduduk banyak,pesawat walaupun KW juga banyak. Kalau F-16 tiruan bertarung,ditembak pesawat F-16 yang sungguhan,ya tinggal terbangin lagi. Kan banyak.

Om saya mau tanya tapi mau cerita dulu ya. Kemarin kan saya mau ke balikpapan dari jogja. Saya sudah lihat flightradar di HP memantau pesawat yang mau membawa saya ke balikpapan. Pas udah mau sampai jogja,tiba-tiba di jogja hujan deras terus pesawat dari balikpapan yang mau landing di jogja malah berputar-putar sampai akhirnya pesawat itu pergi ke jakarta,keterangannya Diverted to CGK,akhirnya saya dikasih makan sama maskapai karena nunggu hujan berhenti agak lama sekitar 4 jam. Tapi anehnya pas hujan berhenti kok pesawat itu nggak  terbang lagi dari jakarta ke jogja. Akhirnya pesawat saya terbang lagi ke jogja sudah agak malam walaupun ada penumpang yang sudah ngamuk-ngamuk tapi saya tetap berangkat. Yang jadi pertanyaan,kenapa kok nggak pesawatnya  turun di solo atau semarang aja yang dekat,kenapa harus ke jakarta? terus kenapa pas hujan di jogja sudah berhenti,pesawatnya nggak langsung terbang dari jakarta ke jogja?

Jawab : Andaikata semua orang di Indonesia ini memanfaatkan flightradar dan petugas maskapai memberi alasan yang lengkap apa dan kenapa pesawat tersebut harus ke jakarta,pasti tragedi ngamuk-ngamuk di ruang tunggu tidak akan separah seperti di TV. Oke,saya juga mau cerita kalau saya juga pernah mengalami seperti itu waktu mau ke makassar naik Lion JT640 dari jogja ke makassar. Karena cuaca buruk,pesawat JT641 dari makassar yang mau turun jogja harus ke jakarta dan harusnya saya terbang jam 4 sore jadi molor jam 10 malam. Jadi begini,kenapa harus ke jakarta? setiap penerbangan,pilot wajib memiliki flight plan atau rencana terbang,salah satu isinya yaitu alternative airport atau bandara alternatif jika tidak bisa landing di bandara tujuan. Karena pesawat dari balikpapan pas sampai jogja hujan deras,pilot pasti akan holding dulu atau berputar-putar. Kalau hujan tetap deras,maka pilot akan mengalihkan pendaratan ke bandara alternatif,karena penerbangannya dari balikpapan, maka pilot memilih bandara alternatifnya ke jakarta. Pertanyaan kedua,kenapa kok harus ke jakarta,nggak ke solo atau semarang saja yang dekat? maunya pilot sih gitu,tapi ini pesawat,bukan bis. Setiap bandara punya kapasitas parkir. Kalau pas sampai jogja ternyata hujan,mungkin bisa saja turun ke solo yang lebih dekat,tapi kalau di solo parkirnya penuh kan sama saja tidak bisa. Mungkin anggap saja pas saat itu parkir pesawat di solo lagi kosong. Okelah,pesawatnya turun di solo nunggu hujan di jogja reda,lalu kalau ada pesawat yang saat itu memang pas jamnya mau landing di solo karena tujuannya ke solo nggak kebagian parkir gara-gara ada pesawat dari jogja yang numpang parkir ngendok disitu gimana? pasti akan merembet kemana-mana. Pemilihan kenapa harus di alihkan ke jakarta jelas karena faktor jumlah tempat parkir itu yang pertama. Lalu berikutnya,kenapa kok pas jogja sudah reda,pesawat yang dialihkan ke Jakarta tadi nggak segera terbang ke jogja? jawabannya lagi-lagi masalah tempat parkir. kalau misalnya jam 6 sore di jogja sudah reda,pesawatnya langsung terbang lagi ke jogja,ya akan mengganggu pesawat lain yang memang jadwalnya mendarat di jogja jam 6 sore itu. Kesimpulannya jelas karena faktor parkir. selain itu ada juga faktor lain seperti pesawat yang di alihkan ke bandara lain sudah pasti harus di cek mesinnya dan lain-lain oleh mekanik,pilotnya juga harus istrahat dulu,pramugarinya juga menyiapkan makanan untuk penumpang yang penerbangannya di alihkan,dan masih banyak lagi. untuk lebih dalamnya coba baca-baca buku manajemen operasi penerbangan,itulah kenapa salah satu syarat bandara HUB harus bandara besar yang prasarananya mendukung.

Mau tanya,kok rute  berangkat dan pulang pesawat dalam penerbangan sistemnya beda-beda ya. contoh gini ada pesawat dari kota A ke kota B trus langsung balik lagi dari B ke A. tapi ada pesawat dari kota A ke B terus lanjut C. Ada lagi dari kota A ke kota B trus bermalam atau RON di kota B.

Jawab : Sistem jaringan penerbangan bermacam-macam. Ada sistem shuttle,drop and go,ada drop and RON,dan lain-lain. Sistem shuttle contohnya JT876 lion air dari solo ke makassar. setelah sampai makassar dia akan kembali lagi ke solo dengan kode JT877 contoh penerbangan lain yang menerapkan sistem shuttle (JT641-640,SJY714-715,SJY713-712,GA694-695,dll). Sistem drop and go contohnya sriwijaya SJ235 surabaya-jogja. setelah mendarat di jogja,dia tidak kembali ke surabaya,melainkan menjadi SJ235 jogjakarta-jakarta. Contoh penerbangan lain yang menerapkan drop and go adalah SJY588 dan lain-lain. Untuk sistem drop and RON adalah pesawat yang setelah menurunkan penumpang,dia langsung menginap bermalam di bandara tersebut contohnya SJY212 jakarta-solo lalu menginap bermalam dan paginya terbang lagi ke jakarta menjadi SJY211.

Pak,kalau pas terbang kok di cabin sering bunyi "ting-tung" atau cuma "tung" kayak bunyi bell itu buat apa ya?

Jawab: itu bunyi cabin chime. Jumlah nadanya ada maksudnya. 1 kali bunyi bell atau cuma "tung" untuk passenger call, lav call , change in cabin signs, five minute warning prior to landing, crew communication via interphone. 2 kali bunyi "ting-tung" untuk F/A to contact the flight deck for a message or take off preparation. 5 kali bunyi  for evacuate or emergency.



Om,apa iya keluarganya pilot atau orang biasa nggak boleh masuk kokpit kalau pas dalam penerbangan? Di berita berita kemarin dikomplain dan dinyatakan tidak boleh. Tapi ada jawaban om yang bilang boleh pas ada yang  tanya kalau mau wawancara pilot saat terbang boleh apa nggak dan om jawab boleh tapi izin kapten pilot dulu.

Jawab : oh iya,maaf banget. Saya meralat sesuai Undang-undang memang tidak boleh. Kalau ditanya tau atau tidak,saya tau kok. Tapi that’s all our habit bahasa jawanya wes kadung kulino termasuk saya. Tapi kalau ditanya kedua kalinya,boleh atau tidak kita wawancara sama pilot waktu terbang cruising tetap saya jawab boleh. Apa dasarnya? Simple kok. Suruh aja Mrs.C**** yang kemarin mencak-mencak,sok kepo protes hal yang lain yang palinggg fundamental. Saya tidak melarang Mrs.C complain karena istri pilot lion masuk kokpit karena itu hak beliau sebagai pax. Bagi saya,sebelum saya mengatakan tidak boleh sy harap Mrs.C protes kepada TNI AD,AL,AU,Polisi,Pegawai Telkom,PLN,dll. Karena apa? Tank adalah alat vital Negara sesuai undang-undang  hanya yang berwenang yang berhak berada disekitar alutsista vital,pesawat sukhoi,F-16 adalah alat vital yang penjagaannya sangat ketat dan hanya pihak berwenang yang boleh mendekat,tapi kenyataannya? Kalau orang dalam nggak apa-apa tuh. Banyak yang foto-foto buat prewed. So,itu gimana? Padahal orang biasa kalau mau foto-foto sama sukhoi mungkin akan dicegat Provos dan ditanya kepentingannya dsb. Apakah Mrs. C memikirkan itu juga? Kalau cuma protes lion kok sy rasa nggak adil. Walaupun pada saat itu bagi Mrs.C kalau istri kapten masuk kokpit bisa berbahaya,tapi bagi saya ini tentang keadilan sbg orang penerbangan. Jangan cuma protes istri pilot yang masuk kokpit ,tapi coba protes juga hal lain yang sy sebutkan di atas,apakah berani? Nggak usah jauh-jauh deh,berani nggak Mrs.C protes ada orang yang bikin KTP bisa mulus karena kenal orang dalam di kecamatan,padahal yang lain harus antri . Jadi apakah Mrs.C  ini complain soal UU yang dilanggar,protes karena takut terjadi kecelakaan saat dia terbang,atau karena iri tidak senang dengan istilah nepotisme atau “orang dalam”?. Kalau Mrs.C hanya peka dangan one case lion air saja,tanpa protes dengan case-case yang lain,saya rasa sampai nanti akan terulang lagi keluarga pilot masuk kokpit saat terbang. Revolusi mental seluruhnya yess, revolusi mental hanya satu kasus NOOO!!
 
 

Ayo jangan berhenti disini,kita lanjut mengenal teknologi mesin pesawat terbang,ayo kita ke sana, >>>>>>  klik kesini MESIN PESAWAT TERBANG

LINK TO AEROSPACE INSTITUTE,MANUFACTURE,& AIRLINES







Bagi yang ingin chatting atau bertanya tentang penerbangan,silahkan kirim email kalian ke aripas@rocketmail.com

GIVE COMMENT BELOW

Arip Susanto Copyright@2013. Tema Jendela Gambar. Diberdayakan oleh Blogger.
WEBSITE RESMI ARIP SUSANTO-COPYRIGHT © 2015
DIDESAIN OLEH ARIP SUSANTO-PROVIDER DOMAIN OLEH RUMAH WEB