Penamaan Pesawat

PENAMAAN PESAWAT


Rekan-rekan mungkin mungkin pernah mendengar  nama pesawat hercules,pesawat F-16, A-10, Sukhoi. Lalu,ada lagi mungkin pernah mendengar pesawat wide body,pesawat narrow body,dan sebagainya. Sekarang kita akan mempelajari apa arti huruf F pada pesawat F-16,F-18,dan lain-lain serta bagaimana membedakan pesawat narrow body dan wide body.Di sini kita akan mempelajari cara penamaan dua kategori pesawat yaitu pesawat militer dan pesawat penumpang sipil. 

1. PESAWAT MILITER


Di dunia ini ada dua negara dengan kekuatan pesawat militer tercanggihnya yaitu Amerika dan Rusia. Kedua negara tersebut sama-sama memiliki pesawat militernya dan juga punya cara sendiri-sendiri dalam memberi nama atau kode nama untuk pesawatnya. Setelah membaca ini,saya harap rekan-rekan akan paham ketika membaca koran ada berita " pesawat F-16 membombardir wilayah yang dikuasai teroris",rekan-rekan langsung mengerti kalau F-16 itu pesawat apa dan sebagainya.

A.Pesawat Militer Amerika

Amerika selalu menamai pesawat militernya dengan awalan huruf/abjad yang memiliki kode antara lain.

Berdasarkan Fungsinya :

A : Attack = Pesawat untuk serang darat
B : Bomber = Pesawat pengebom
C : Carrier/Cargo = pengangkut pasukan atau logistik
E : Electronics = pesawat pembawa perangkat elektronik seperti radar dan senjata elektronik
F : Fighter = Pesawat tempur
K : (K=kerosene) :pesawat tanker pengisi bahan bakar di udara
O : Observation = pesawat pengamat
P : Patrol = pesawat patroli maritim
R: Reconnaissance = Pesawat pengintai/mata-mata
T: training = pesawat latih
U : utility = pesawat pelengkap operasi
V : VIP = pesawat khusus untuk orang penting, pejabat atau presiden.
X : Experiment/research = pesawat ujicoba (biasanya kerjasama dengan NASA)

Berdasarkan Bentuk fisiknya :

G : Glider = pesawat terbang layang/tanpa mesin
H : Helicopter/rotor wings = helikopter atau pesawat sayap berputar
V : Vertical/short take off and landing = pesawat yang bisa mendarat secara vertikal
Z : Zeppelin = balon udara

Sekarang kita menganalisis,suatu ketika kita dengar ada orang berteriak “ ada F-16 lewat “,jika kita tau formulanya,tanpa melihatpun kita sudah menebak pasti pesawat tempur karena F-16 , F= Fighter, dan 16 adalah angka dari perusahaan pembuatnya untuk menamai/seri pesawat tersebut. Lalu ada yang teriak “ada pesawat B-2 lewat” sudah pasti itu pesawat bomber karena B=bomber dan 2 adalah seri pesawat tersebut. Contoh-contoh yang lain yaitu :

F-14 Tomcat                : pesawat Fighter/tempur karena di dahului huruf F
F-18 Hornet                 : pesawat Fighter/tempur karena di dahului huruf F
F-5 Tiger                     : pesawat Fighter/tempur karena di dahului huruf F
F-22 Raptor                 : pesawat Fighter/tempur karena di dahului huruf F
F-35 Lightning             : pesawat Attack/Serang darat karena di dahului huruf A
A-10 Thunderbolt        : pesawat Attack/Serang darat karena di dahului huruf A
AV-8 harrier                 : pesawat Attack/Serang darat yang bisa terbang secara vertikal karena di  
                                       dahului huruf A=attack dan V=vertikal (bukan VIP) karena V diletakkan di                                           huruf kedua setelah A.
C-17 Globe master      : pesawat cargo/pengangkut karena di dahului huruf C
X-35                             : pesawat eksperiment/penelitian karena di dahului huruf X
F-16 Fighting Falcon milik TNI AU yang bermarkas di skadron 3
Lanud Iswahyudi Madiun
Lalu,apa itu Tomcat,Hornet,Raptor dan lain-lain? Itu adalah nama julukan pesawat tersebut agar memberikan kesan garang dan mnegerikan. Maklum karena itu pesawat militer,dipakai untuk perang. Tidak mungkin diberi nama F-18 Mawar Berduri, F-16 Flamboyan,A-10 Melati Air , hahaha :-D

       Jika sahabat-sahabat sekalian sering bicara pesawat Hercules,itu adalah nama julukannya,nama asli pesawatnya adalah C-130 Hercules atau KC-130 Hercules C-130 karena didahului huruf C maka hercules adalah pesawat cargo/angkut, lalu KC-130 adalah K=kerossene, C=cargo berarti pesawat angkut untuk membawa bahan bakar yang digunakan pesawat air refueling (pengisian bahan bakar) di udara. 

B. Pesawat militer Russia

Kalau pesawat Amerika dibedakan dari huruf depannya,kalau pesawat Rusia di bedakan dari huruf depan julukannya. Tetapi  julukan ini bukan orang rusia yang memberinya, julukan ini dibuat-buat sendiri oleh orang NATO (North Atlantic Treaty Organization) supaya bisa mengenali pesawat orang rusia karena orang rusia sangat tertutup dan tidak memberi tahu bagaimana mereka menamai pesawatnya. Disini kita mulai menganalisis. Kita akan mengenal beberapa pabrikan pesawat rusia dan singkatannnya yaitu Sukhoi (SU),Mikoyan i Gurreevich (MIG), Ilyushin (IL), Antonov (AN),Tupolev (TU),mil (MI),kamov (KA),beriev (BE), dan lain-lain. Orang rusia dalam memberikan nama hanya nama pabrikannya lalu diikuti angka serinya,

Contoh :

Sukhoi SU-27
Sukhoi SU-35
Antonov AN-225
Tupolev TU-16
Mikoyan i Gurrevich MIG-29
Kamov KA-52
Mil MI-35 

      Itulah nama asli pesawat Rusia,sepintas kita bingung itu jenis pesawat apa. Karena itu, NATO memberikan embel-embel nama dibelakang pesawat-pesawat militer rusia agar mudah dipahami dan dibedakan jenisnya seperti dibawah ini.

  1. Sukhoi SU-27 Flanker ( Flanker, didahului F berarti F=fighter/pesawat tempur).
  2. Sukhoi SU-35 Flanker-E  (Flanker, didahului F berarti F=fighter/pesawat tempur).
  3. Antonov AN-225 Cossack  (Cossack, didahului C berarti C=cargo/pesawat angkut).
  4. Tupolev TU-16  Badger  (Badger, didahului B berarti B=Bomber/pesawatpengebom).
  5. Mikoyan i Gurrevich MIG-29 Fulcrum (Fulcrum, didahului F berarti F=fighter/pesawat tempur).
  6. Mikoyan i Gurrevich MIG-19 Farmer (Farmer, didahului F berarti F=fighter/pesawat tempur)
  7. Kamov KA-52 Hokum (Hokum, didahului H berarti H=Helicopter).
  8. Mil MI-35 Hind  (Hind, didahului H berarti H=Helicopter).                                                         
Sukhoi SU-30 dan Sukhoi SU-27 Flanker
         
Nah itu tadi cara penamaan pesawat militer amerika dan rusia. Mulai besok ketika ada orang bicara sukhoi,F-16, F-5 kita sudah harus tau itu pesawat apa. Untuk Indonesia, TNI memiliki beberapa varian pesawat yang berasal dari rusia dan amerika, antara lain F-16 Fighting Falcon, F-5 Tiger di Lanud Iswahyudi Madiun, Sukhoi SU-27 Flanker dan Sukhoi SU-30  Flanker-C di Lanud Hassanudin, C-130 Hercules dan KC-130 Hercules di Lanud Halim Perdana Kusuma,Jakarta dan Lanud Abdurrahman Saleh,Malang. Beberapa yang sudah pensiun/grounded OV-10 Bronco dan A-4 Skyhawk.

       Dulu di zaman orde lama,pemerintahan Ir.Soekarno kita memiliki banyak pesawat terutama buatan rusia karena pada waktu itu kita lebih berkiblat pada Uni soviet,dan angkatan udara kita  disegani negara-negara dunia. Pesawat tersebut antara lain TU-16 Badger,Mig-21 Fishbed,Mig-19 farmer,dan lain-lain.


2. PESAWAT SIPIL


Secara umum tidak ada cara untuk mengidentifikasi pesawat sipil apakah itu untuk penumpang atau untuk cargo. Pesawat sipil pada umumnya hanya digunakan untuk keperluan biasa,tidak digunakan dalam misi peperangan seperti pesawat militer. Contoh nama-nama pesawat sipil yaitu B743 ,B739,B733,A333,A322,ATR72 tidak menunjukkan fungsi pesawat itu melainkan hanya huruf depan dari pabrik pembuatnya seperti B744 yaitu Boeing 747-400, A333 yaitu Airbus 330-300 dan lain-lain. Tetapi,perlu kita ketahui pesawat sipil dibedakan menjadi dua berdasarkan besar kecilnya yaitu pesawat narrow body dan wide body/heavy. Pesawat narrow body dikategorikan pesawat-pesawat berukuran kecil yang biasanya digunakan untuk penerbangan jarak pendek atau menengah. Jika pesawat tersebut pesawat kecil atau pesawat perintis (capung) jelas itu termasuk narrow body,tetapi bagimana membedakan pesawat narrow body dan wide body jika sekilas bentuknya hampir sama dan memuat penumpang yang relatif banyak?. Untuk membedakan sebuah pesawat milik suatu maskapai tergolong narrow body atau wide body,kita bisa melihat secara visual dengan mata yaitu mulai dari ukuran pesawatnya,jumlah main landing gear (roda pendarat bagian belakang),jumlah gang (aisle) pada interior kabin didalamnya,serta jumlah penumpangnya.


Depan : B-737 (narrow body) : Belakang : B-777 (Wide body)

Secara visual jika kita melihat dua buah pesawat dibandara,kita bisa mengetahui apakah itu wide body atau narrow body. gambar diatas adalah contohnya, yang didepan adalah Boeing 737 dan yang dibelakang adalah Boeing 777. Dilihat dari ukurannya, kita sudah tau jika yang di depan adalah narrow body dan yang dibelakang adalah wide body. lalu bagaimana dengan ciri ciri yang lain? kita akan pelajari dibawah.


1. PESAWAT NARROW BODY







Trik 1 
Kalau dari luar,lihat rodanya dari samping. Narrow body rodanya kalau dari samping 
hanya terlihat satu rangkap

Pada umumnya main landing gear atau roda pendarat bagian belakang pesawat narrow body berjumlah 4 buah, dua dikanan dan dua dikiri. atau jika dilihat dari samping hanya terlihat satu roda,bukan dua rangkap seperti wide body.






Trik 2
Kalau dari dalam.lihat jumlah aisle atau gang tempat lewat penumpang di dalam.
Pesawat narrow body biasanya hanya punya satu gang atau aisle untuk lewat

Jika dilihat dari jumlah gang atau aisle di dalam kabin, maka narrow body pada umumnya hanya memiliki satu gang atau aisle saja di dalam interior kabinnya,berbeda dengan wide body yang punya dua bahkan tiga gang atau aisle karena badannya lebar.


sumber : http://news.liputan6.com/read/771930/tragedi-adam-air-menabrak-laut-dan-pecah-102-nyawa-melayang

Trik 3 
Jika membaca koran atau berita,lihat jumlah penumpangnya.
Penumpang pesawat narrow body pada umumnya di bawah 200 orang

Jika dilihat dari jumlah penumpang,pada umumnya jumlah penumpang pesawat narrow body kurang dari 200 penumpang.  jika ada koran tentang kecelakaan pesawat terbang dan terdapat laporan manifest penumpang yang kurang dari 200 orang,bisa diduga pesawat yang jatuh adalah pesawat narrow body. Seperti contoh berita di atas yaitu pesawat memuat 96 penumpang dan 6 awak.

dibawah ini adalah contoh pesawat yang masuk kategori narrow body adalah Boeing 737 Family,Airbus A-320 Family,ATR 72,dan lain-lain.



Boeing 737-900 ER milik maskapai Lion Air


Airbus A-320 milik maskapai Citilink

ATR-72 milik maskapai wings air



2. PESAWAT WIDE BODY/HEAVY/JUMBO JET







Trik 1
Kalau dari luar lihat rodanya dari samping.
Pesawat wide body kebanyakan rodanya kalau dilihat dari samping terlihat dua rangkap,tiga rangkap,atau lebih

Pada umumnya main landing gear atau roda pendarat bagian belakang pesawat wide body berjumlah 8 sampai 12 buah, 4 di kiri 4 di kanan atau 6 di kiri 6 di kanan. atau jika dilihat dari samping terlihat dua rangkap roda,atau tiga rangkap roda,dan lebih, bukan satu rangkap seperti narrow body.







Trik 2
Kalau dari dalam.lihat jumlah aisle atau gang tempat lewat penumpang di dalam.
Pesawat wide body biasanya punya dua atau lebih gang untuk lewat.

Jika dilihat dari jumlah gang di dalam kabin, maka wide body pada umumnya memiliki dua gang,tiga,dan selebihnya di dalam kabinnya.

sumber : http://www.bbc.co.uk/indonesia/forum/2014/03/140330_forum_malaysia.shtml

Trik 3 
Jika membaca koran atau berita,lihat jumlah penumpangnya.
Penumpang pesawat narrow body pada umumnya di bawah 200 orang

Jika dilihat dari jumlah penumpang,pada umumnya jumlah penumpang pesawat wide body lebih dari 200  penumpang. Contoh berita di atas adalah berita kecelakaan pesawat Malaysia Airlines MH370. Terdapat 239 penumpang di dalamnya dan jelas itu adalah pesawat wide body.

Beberapa contoh pesawat yang masuk kategori wide body adalah Boeing 747, Boeing 777,Airbus A330,Airbus A-380,dan lain-lain.

Boeing 747-400 milik maskapai Garuda Indonesia

Boeing 777-200 milik maskapai KLM


Airbus A-330 milik maskapai Qantas


Airbus A-380 milik maskapai singapore airlines

LINK TO AEROSPACE INSTITUTE,MANUFACTURE,& AIRLINES







Bagi yang ingin chatting atau bertanya tentang penerbangan,silahkan kirim email kalian ke aripas@rocketmail.com

GIVE COMMENT BELOW

Arip Susanto Copyright@2013. Tema Jendela Gambar. Diberdayakan oleh Blogger.
WEBSITE RESMI ARIP SUSANTO-COPYRIGHT © 2015
DIDESAIN OLEH ARIP SUSANTO-PROVIDER DOMAIN OLEH RUMAH WEB