Pesawat Udara

JENIS-JENIS PESAWAT

Rekan-rekan pasti mengenal pesawat penumpang dan pesawat tempur. Tetapi, pesawat sebenarnya ada banyak. Seorang perancang pesawat di dunia telah banyak membuat pesawat yang bermacam-macam bentuk sesuai tujuannya masing-masing. Bagaimanakan urutan sebuah pesawat dirancang? Lihat gambar dibawah ini. Gambar di bawah adalah urutan perancangan suatu pesawat terbang yang dilakukan oleh insinyur perancangan pesawat.


Pada tahap research,market,dan customer requirements ini lah jenis pesawat ditentukan. Apakah untuk tempur,untuk penumpang,untuk kargo,untuk penyemprot pertanian,dan lain-lain. Jika rekan-rekan selama ini lebih sering mengenal pesawat penumpang dan tempur,di sini akan saya kenalkan pesawat lain yang mungkin bentuk dan fungsinya masih asing bagi rekan-rekan.


1.  Pesawat penumpang (passenger aircraft)






Kalau jenis ini pasti rekan-rekan kenal dan sering lihat bahkan pernah naik. Pesawat ini didesain untuk mengangkut penumpang dan jelas ada kursi penumpangnya,ada fasilitasnya,ada pelayanan (service)-nya,dan lain-lain.


2.  Pesawat Tempur (Fighter Aircraft)





Pesawat ini juga pasti rekan-rekan sudah mengenal karena bentuknya yang runcing-runcing. Pesawat ini didesain untuk combat atau bertarung. Tetapi,walaupun didesain untuk bertarung,pesawat ini memiliki keahlian bertarungnya sendiri-sendiri. Keahlian yang dimaksudkan disini adalah spesialisasi dari pesawat tersebut. Bayangkan rekan-rekan ada yang pernah ikut pencak silat dari beberapa perguruan di Indonesia. Rekan-rekan perguruan Setia Hati,Kera Sakti,Cahaya Adi taruna,Bhayu Manunggal, Merpati Putih,Taekwondo,Karate,dan lain-lain adalah rekan-rekan petarung dengan keahlian masing-masing. Taekwondo ahli dalam serangan kaki, karate ahli dalam serangan tangan,dan lain-lain. Nah ,perumpamaan perguruan bela diri itu tadi sama dengan pesawat tempur. Ada yang attack fighter,ada yang multirole fighter,ada yang interceptor,air superiority fighter,fighter bombing,dan lain-lain. Pesawat tempur ini dibedakan dari generasinya seperti generasi satu,generasi dua,genersasi tiga, dan seterusnya untuk menunjukkan siapa lawan yang cocok untuk pesawat tersebut. Untuk lebih jelas Penggolongan generasi pesawat tempur,lihat gambar dibawah.

Fighter bombing adalah pesawat tempur yang digunakan untuk bertarung di udara tetapi memiliki spesialis dalam hal pengeboman. Contoh pesawat jenis ini adalah Sukhoi SU-34.

Attack aircraft adalah pesawat tempur yang memiliki keahlian untuk serang darat. Berbeda dengan bomber yang memiliki keahlian pengeboman dalam sekala ledak besar dan efek hancur yang besar, kalau attackk aircraft didesain untuk serang darat secara jitu kepada satu titik. Contoh pesawat ini adalah A-10 Thunderbolt.

Interceptor adalah pesawat tempur dengan keahlian mencegat pesawat asing.Semua pesawat tempur bisa menjadi interceptor asalkan memiliki kecepatan yang sebanding ataupun lebih dari pesawat yang akan dicegat.

Multirole Aircraft Fighter bahasa gaulnya adalah pesawat tempur serba bisa. Pesawat ini didesain untuk keperluan macam-macam,bisa untuk bertarung di udara,bisa juga untuk menyerang ke darat. Selain itu pesawat tempur jenis ini bisa juga digunakan untuk pengintaian dan lain-lain. Contoh pesawat ini adalah Sukhoi Su-30.

Superiority Fighter adalah pesawat tempur yang digunakan sebagai penetrasi atau pesawat tempur ini yang memiliki keahlian masuk dan manembus ke dalam wilayah udara musuh dan menghancurkan sasaran. Contoh pesawat ini adalah F-22 Raptor.


3.  Pesawat Kargo (Cargo Transporter)





Sesuai dengan mananya,pesawat ini didesain untuk tujuan kargo. Baik militer ataupun sipil,pesawat ini pastilah besar dan memang didesain untuk muatan barang. Apakah orang bisa ikut pesawat kargo? Kalau di pesawat sipil khusus kargo tidak dianjurkan. Tetapi ,kalau dimiliter tidak apa-apa karena memang didesain untuk multifungsi,bisa muat orang terutama prajurit dan kargo tapi barengan sama tumpukan barang-barang.


4. Pesawat pertanian (Agriculture Aircraft)







Pesawat ini didesain untuk penyemprotan udara (crop dusting and spraying). Pesawat ini didesain dengan tanki yang cukup besar karena untuk muatan obat atau pestisida. Bedanya dengan dengan water bombing,kalau pesawat water bombing digunakan untuk menjatuhkan cairan dalam jumlah besar sekaligus dari udara. Kalau pesawat pertanian didesain untuk mengeluarkan cairan dalam bentuk droplet atau butiran-butiran cairan kecil-kecil yang lembut,tetapi jika dibutuhkan,pesawat jenis ini bisa diubah fungsinya jadi water bombing juga.


5. Pesawat Pengintai & Peringatan Dini ( Reconnaissance aircraft )






Pesawat ini didesain untuk melakukan kegiatan pengintaian dan juga patroli udara. Ada yang memang pengintai ada juga yang jenis lain yaitu :Airborne Warning and Control System (AWACS), Airborne Early Warning (AEW) Airborne Early Warning & Control (AEW&C). Ciri khas kebanyakan pesawat ini adalah lihat saja bagian atasnya biasanya ada piringan cakram besar yang berputar atau ada tonjolan bentuk kotak memanjang, tetapi tidak semua pesawat pengintai memiliki bentuk seperti itu,ada juga yang bentuknya biasa,tetapi yang membedakan adalah pesawat ini dalamnya berisi radio dan radar-radar yang digunakan untuk pengintaian atau pengamatan udara.


6. Light Aircraft (Pesawat Ringan)








Lighter aircraft ini yang rekan-rekan sebut pesawat capung walaupun light aircraft ini ada juga yang lebih besar karena pesawat kategori ini memiliki MTOW 5600 Kg atau kurang. Ada lagi saudaranya light aircraft yaitu ultralight aircraft,pesawat ini lebih kecil lagi. Gantole,paramotor,glidder masuk kategori ini.

7. Helikopter







Pesawat ini sering disebut rotary wing aircraft. Helikopter ini banyak bentuk dan fungsinya. Ada helikopter sipil dan militer. Ada helikopter kargo,helikopter tempur,dan lain-lain.

8. Ekranoplane







Kalau ini rekan-rekan mungkin jarang mendengar. Kendaraan ini dibiilang pesawat iya dibilang kapal laut juga iya.  Kalau orang penerbangan dan perkapalan menyebutnya Ground Effect Vehicle.  Kendaraan ini berada di air,tetapi ketika bergerak dia tidak menyentuh air alias melayang tetapi juga tidak bisa terbang tinggi.

9. Pesawat Amfibi (Amphibi Aircraft)





Sesuai namanya,pesawat ini bisa take off dan landing di air,bisa di darat,dan bisa terbang tinggi. Pesawat amfibi ini berbeda dengan ekranoplane. Kalau ekranoplane tidak bisa terbang tinggi. dia hanya bisa terbang di atas permukaan air. Pesawat amfibi ini sebenarnya kapal laut yang atasnya ditutup dan diberi sayap serta mesin serta didesain untuk dapat terbang.

10. UAV (Unmanned Aerial Vehicle)








Sesuai namanya,kendaraan udara tanpa awak. Kalau rekan-rekan pernah dengar drone, ya drone itu UAV,sama saja. Pesawat ini tidak ada awak onboard atau pilot yang menerbangkannya. Dia dikendalikan dari darat. Berdasarkan endurance dan altitude-nya,UAV ini dibagi menjadi HALE,MALE,dan lain-lain. Berdasarkan fungsi,dia dibagi menjadi dua yaitu UAV dan UCAV. Kalau UCAV (Unmanned Combat Aerial Vehicle) dipakai untuk berperang.

11. Pesawat pemadam Kebakaran (Aerial Firefighting Aircraft)








Rekan-rekan mungkin pernah melihat pesawat-pesawat ini di televisi atau melihat langsung jika daerah rekan-rekan adalah daerah yang sering terjadi kebakaran hutan. Pesawat ini didesain untuk memadamkan kebakaran. Rekan-rekan juga pernah mendengar water bombing,nah kalau water bombing ini artinya kan bom air atau pesawat yang ditugaskan untuk menumpahkan air dalam jumlah besar. Pesawat ini juga bisa difungsikan untuk water bombing,tetapi bisa juga digunakan untuk mengangkut foam atau busa maupun gel yang digunakan juga untuk memadamkan api.

12. Pesawat Olahraga Aerobatic (Aerobatic Aircraft)






Pesawat ini didesain untuk olahraga dan kebanyakan hanya dipiloti oleh satu orang pilot. Pesawat ini digunakan untuk lomba aerobatik udara. Ukuran pesawat ini sangat kecil tetapi sangat lincah di udara. 

13. Balon Udara (Zeppelin)







Rekan-rekan mungkin sudah terbiasa dengan mindset kalau balon ini adalah balon biasa dan tidak bisa dikategorikan pesawat. Sebenarnya zeppelin ini dikategorikan juga sebagai pesawat dan ada undang-undang terbangnya. Berbeda dengan layangan yang tidak ada izinnya untuk menerbangkan layangan,kalau zeppelin ini diatur juga oleh undang-undang. Di Indonesia,zeppelin ini tidaklah populer. Tetapi,di luar negeri,zeppelin ini sangat diminati untuk liburan dan rekreasi keluarga dan juga pengamatan udara.

14. Glider








Pesawat ini adalah pesawat yang tidak memiliki mesin. Pesawat glider atau glider ketika akan terbang ditarik dengan pesawat kecil bermesin menggunakan tali dan pada ketinggian tertentu,tali pengait akan dilepas dan glider akan melakukan gliding atau melayang-layang di udara sampai glider landing.

15. Aerial Refuelling Aircraft (Pesawat Tanker)








Pesawat ini digunakan untuk pengisian bahan bakar di udara. Pesawat ini didesain untuk membawa bahan bakar dalam kapasitas besar. Pesawat untuk aerial refuelling bisa menggunakan pesawat kargo maupun tempur,tetapi bedanya pesawat untuk jenis ini harus dimodifikasi dan ditambahkan drogue untuk mentransfer bahan bakar kepada pesawat yang mengisi.

16. Pesawat Kepresidenan






Pesawat ini adalah pesawat yang digunakan untuk membawa kepala negara untuk kunjungan kerja. Pesawat kepresidenan ini dapat menggunakan berbagai jenis pesawat penumpang,helikopter,atau pesawat apapun,bedanya pesawat jenis ini akan mendapat pengawalan yang sangat ketat baik saat di darat maupun di udara dan mendapat prioritas tinggi ketika terbang.

17. Pesawat Jet Bisnis (Bizjet)







Pesawat ini didesain untuk pesawat bisnis atau pesawat pribadi yang digunakan oleh executive,pebisnis,konglomerat,orang penting,dan lain-lain. Orang penerbangan lebih familiar menyebutnya bizjet atau pesawat BJ. Pesawat bizjet yang terkenal adalah bombardier learjet.

18. Aerial Medical Aircraft ( Ambulan Udara )







Pesawat ini digunakan untuk pertolongan pertama medis atau ambulan udara. Pesawat ini adalah pesawat fix wing atau helikopter yang dimodifikasi dengan menambah peralatan medis di dalamnya. Pesawat ini dalam keadaan mendesak dapat digunakan untuk melakukan operasi. Di negara maju,pesawat ini digunakan untuk membawa pasien rujukan dari daerah yang membutuhkan kecepatan waktu penanganan.

19. Pesawat Haji






Sesuai namanya, pesawat ini adalah pesawat yang dioperasikan khusus untuk memuat jemaah haji. Pesawat ini adalah pesawat penumpang. Di Indonesia,semua pesawat haji berjenis pesawat penumpang wide body seperti Boeing 747 dan Airbus 330. Walaupun pesawat haji ini pesawat penumpang,tetapi terdapat perbedaan mencolok selain hanya memuat jemaah haji yaitu semua pramugari pesawat haji diwajibkan berjilbab.

20. Pesawat Eksperimental ( Experimental Aircraft/ Prototype )






Sesuai namanya,pesawat ini diciptakan untuk kepentingan eksperimental atau penelitian. Karena pesawat penelitian,pesawat ini dibuat tidak banyak,hanya beberapa saja untuk kepentingan penelitian. Orang-orang penerbangan lebih sering menyebut pesawat ini dengan sebutan prototype. Pesawat prototype inilah yang akan menjadi cikal bakal pesawat pesawat yang dijual dipasaran. Semua pesawat yang dibuat pasti dahulunya memiliki pesawat prototype. Pesawat prototype ini juga pasti bentuknya masih terlihat aneh sebelum menjadi desain finalnya. Gambar tengah yang warna kuning adalah cikal bakal lahirnya pesawat B-2 Spirit.

21. Bangkai Pesawat







Bangkai pesawat adalah pesawat bekas pakai yang secara sistem keseluruhan atau sebagian sudah tidak bisa difungsikan lagi untuk penerbangan. Bangkai pesawat dapat berasal dari pesawat yang sudah tua atau bekas pesawat yang mengalami kecelakaan fatal sehingga tidak memungkinkan untuk digunakan. Kalau di Indonesia,biasanya bangkai pesawat ini disimpan di pinggiran bandara,kalau di luar negeri seperti amerika,bangkai-bangkai pesawat ini disimpan di kuburan pesawat atau aircraft grave yard. Bangkai pesawat selain disimpan,terkadang jika itu bangkai pesawat kecil akan dijadikan gapura,monumen,ataupun tempat rekreasi. Bangkai pesawat yang salah satu sistemnya masih berfungsi biasanya juga dibeli oleh sekolah-sekolah penerbangan untuk dijadikan alat praktikum bagi siswa-siswi ataupun mahasiswa yang sekolah dibidang penerbangan.

22. Pesawat Crane ( Aerial Crane Aircraft/Skycrane )






Pesawat skycrane adalah pesawat yang digunakan untuk mengangkat dan memindahkan benda-benda yang berukuran besar dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu yang cepat. Semua pesawat skycrane berjenis helikopter,karena hanya helikopter yang memungkinkan dan aman digunakan sebagai crane udara. Pesawat skycrane ini digunakan untuk membantu memindahkan barang-barang besar dalam waktu yang cepat dan di medan yang sulit yang tidak mungkin dipindah dengan jalur darat. Bayangkan jika rekan-rekan akan memasang tower BTS seluler di atas bukit dalam waktu singkat. Tidak mungkin rekan-rekan menggotong tower BTS ke atas bukit yang penuh semak-semak dan pepohonan dengan truk atau kontainer. Di luar negeri,pesawat skycrane banyak difungsikan untuk memindahkan rumah-rumah portable dari satu tempat ke tempat lain. Pesawat skycrane yang terkenal adalah helikopter sirkorsky S-64 Skycrane, helikopter Mi-26 Halo,dan lain-lain.

23. Pesawat Pengangkut Shuttle Space ( Aircraft Shuttle Carrier )








Sesuai namanya,pesawat ini digunakan untuk mengangkut roket luar angkasa shuttle space ataupun roket lainnya yang akan diluncurkan ke angkasa. Pesawat ini akan membawa shuttle space dari bumi dan pada ketinggian tertentu,shuttle space akan dilepas untuk berangkat keluar angkasa. Pesawat yang digunakan untuk pengakut shuttle space ini adalah jenis pesawat kargo,tetapi perbedaan yang mencolok adalah,pesawat jenis ini dimodifikasi pada bagian ruddernya yang tidak terletak pada centerline fuselage atau badan pesawat melainkan terletak pada kanan dan kiri elevator.

24. Gyrocopter/Autogyro/Gyroplane







Pesawat ini sepintas jika dilihat mirip helikopter,tetapi ini bukanlah helikopter. Gyrocopter salah satu pesawat sayap putar yang tidak menggunakan propeller atau baling-baling utama sebagai sumber tenaga. Kalau helikopter berputar karena tenaga yang dihasilkan oleh mesin yang memutar baling-baling,kalau gyrocopter ini baling-baling utama atau yang panjang berputar karena pengaruh tekanan angin  dari mesin yang memutar propeller atau baling-baling kecil yang ada di belakang. Tekanan ini bergerak dari bawah ke atas sehingga menyebabkan baling-baling utama gyrocopter ikut berputar. Di negara maju,gyrocopter banyak digunakan untuk pengamatan udara,aerial photography atau foto udara,untuk sebar brosur,untuk patroli kepolisian,dan lain sebagainya.

25. Pesawat Model ( Aeromodelling )







Pesawat ini adalah pesawat remote control yang didesain mirip 99 persen dengan aslinya di dunia nyata. Berbeda dengan UAV,kalau pesawat ini didesain hanya sebatas untuk hobi dan dibuat secara swayasa ataupun berupa kit yang dirakit. Di Indonesia terdapat banyak klub dan komunitas pecinta aeromodelling. Pesawat ini harganya sangat mahal bahkan mencapai ratusan juta mengalahkan harga mobil-mobil minibus pribadi. Pecinta hobi ini sebagian besar adalah golongan ekonomi atas atau atas nama instansi kampus ataupun lembaga.

26. Paralayang / Paragliding







Paralayang atau dalam bahasa Inggris disebut paragliding. Rekan-rekan yang tinggal di daerah batu,malang,Jawa Timur pasti sudah familiar dengan benda ini. Paralayang ini adalah pesawat dengan sayap kain atau yang sering disebut parasut. Perbedaannya dengan terjun payung atau skydiving adalah paralayang ini lepas landasnya menggunakan kaki,biasanya mereka lepas landas dari puncak bukit atau daerah yang lebih tinggi kalau terjun payung lompat dari dalam pesawat.  Di Indonesia,komunitas pecinta kegiatan ini berada dalam naungan PLGI dan FASI.

27. Gatole / Hang Gliding







Gantole atau bahasa inggrisnya hang gliding (layang gantung) adalah pesawat dengan bentuk sayap segitiga. Pesawat ini tidak bermotor atau hanya mengandalkan tenaga angin dan dikendalikan oleh gerakan badan pilot untuk mecnuver. Berbeda dengan trike,kalau trike adalah gantole yang diberi motor dibagian bawahnya. Gantole ini lepas landas dari perbukitan atau puncak yang tinggi. pilot akan menggunakan variometer dan radio untuk mengetahui keadaan lingkungan sekitarnya.

28. Trike







Pesawat ini bentuknya hampir sama dengan gantole,tetapi yang membedakan adalah kalau trike ini ada motornya atau mesinnya. Kalau gantole lepas landasnya dari dataran tinggi seperti bukit atau tempat tinggi lainnya. Kalau trike lepas landasnya dari landasan pacu atau runway seperti pesawat terbang. Mesin trike ini menggunakan mesin piston seperti mesin sepeda motor. Olahraga trike di Indonesia berada pada koordinasi FASI.

29. Terjun Payung / Parachuting / Skydiving







Terjun payung atau skydiving adalah salah satu teknik terbang dengan menggunakan parasut. Terjun payung ini tidak hanya digunakan untuk olahraga tetapi juga digunakan oleh tentara untuk penerjunan ke medan tempur. Teknik terjun terjun payung ini dibagi menjadi beberapa jenis seperti free fall dan lain-lain. Olahraga terjun payung di koordinasi oleh FASI dan di militer,hampir setiap pasukan elite setiap matra dilatih untuk terjun payung.

30. Layangan / Layang-Layang







Layangan atau layang-layang sudah tidak asing lagi bagi rekan-rekan. Hampir sebagian besar masyarakat pernah memainkan layang-layang dalam hidupnya. Ada yang untuk kesenangan,ada yang untuk festival,untuk rekreasi,atau bahkan untuk bertanding saling memutus benang layangan lawan. Layangan yang sederhana hanya memiliki bentuk bangun datar layang-layang dan diberi benang. Tetapi,semakin maju kreatifitas masyarakat,bentuk layangan sekarang bermacam-macam . Ada layangan gambar naruto,doraemon,dargonball,hello kitty,pokemon,gambar apapun bisa dibentuk layang-layang. Layang-layang ini membutuhkan angin untuk dapat terbang. Semakin tinggi layangan mengudara maka semakin bagus dan stabil terbangnya. Dari segi suara,layangan dibedakan menjadi dua yaitu layangan biasa dan layangan sendaren yang biasanya diberi untaian tali busur dari karung beras ataupun bekas pita kaset tape recorder yang diikat kencang pada ujung bambu membentuk busur agar layangan mengeluarkan suara saat terbang. Bagi anak-anak SD atau SMP yang bermain layangan untuk ajang adu kekuatan benang,mereka akan memodifikasi benang layangan yang mampu memotong benang layangan lawan supaya layangan lawan putus dan mereka menang ( ini tidak saya sarankan ). Untuk layangan festival kebanyakan diterbangkan di tepi pantai karena tepi pantai memiliki angin yang cukup kencang.

31. Out Hand Launched Glider (OHLG) / Chuck Glider







Pesawat ini adalah pesawat yang dibuat dari kayu dan ringan. Rekan-rekan yang pernah bermain pesawat dari kertas dan menerbangkannya maka cara menerbangkan pesawat kertas tersebut hampir sama dengan menerbangkan pesawat OHLG ini. Pesawat OHLG ini juga digunakan sebagai ajang lomba dengan kriteria pesawat siapa yang paling lama melayang di udara dialah yang menang.

32. Ornithopter







Ornithopter adalah pesawat yang didesain dengan sayap yang mampu bergerak seperti kepakan burung. Dahulu rekan-rekan selalu mengatakan tidak ada pesawat yang sayapnya seperti kepakan burung,sebenarnya pesawat itu ada,tetapi tidak terkenal karena hanya baru sebatas penelitian. Pesawat ini kebanyakan hanya pesawat yang dibuat kecil dengan tujuan untuk pengamatan. Di negara dengan intelejen yang canggih,pesawat ini digunakan untuk mata-mata. Ornithoper sudah ada yang berawak atau dapat dimuat orang dan hanya digunakan sebatas penelitian.

33. Quadcopter / Quad Rotor Helicopter / Quadrotor







Quadcopter adalah salah satu drone yang menggunakan tenaga baling-baling berjumlah empat buah untuk penggeraknya. Baling-baling quadcopter memiliki arah gerak yang didesain berlawanan yaitu dua buah searah jarum jam dan dua buah berlawanan arah jarum jam. Fungsi quadcopter ini sama seperti drone kebanyakan,antara lain untuk pengamatan,foto udara,mata-mata,dan lain-lain.

34. Simulator Pesawat / Aircraft Simulator







Simulator pesawat adalah alat yang digunakan untuk latihan pilot sebelum membawa pesawat sungguhan. Berbeda dengan Microsoft Flight Simulator atau FS, kalau simulator pesawat adalah simulator yang menyerupai sungguhan karena efek geraknya terasa di badan yang disebabkan simulator pesawat ini memiliki sistem hidrolik yang dapat naik-turun dan berbelok seperti pesawat sungguhan. Kalau flight simulator hanya dimainkan lewat laptop atau komputer desktop sehingga efek geraknya tidak terasa di badan.

35. Pesawat Kertas/ Paper Aircraft/ Paper Dart







Pesawat ini adalah pesawat sejuta umat,pesawat yang menjadi salah satu warna dalam hidup,dan pesawat dengan penuh kenangan di masa kecil. Rekan-rekan semua sudah mengenal pesawat ini dan ketika membaca artikel inipun,rekan-rekan dapat langsung membuatnya menggunakan kertas yang ada di sekitar. Tetapi,yang masih membuat saya bingung sampai detik ini,kenapa bagian belakang pesawat ini harus ditiup jika akan diterbangkan?. Mungkin dilain waktu saya akan menanyakan kepada J.D Anderson soal masalah tersebut dan mencari alasan ilmiahnya.

36. Tiltrotor







Tiltrotor adalah pesawat setengah pesawat bersayap tetap setengah helikopter. Pesawat ini bisa terbang vertikal seperti helikopter dan juga bisa terbang seperti pesawat bermesin turboprop biasa. Mesin pesawat ini bisa di tekuk atau di ubah arahnya atau bisa diputar-putar mesinnya. Keuntungan pesawat jenis ini,jika dibutuhkan sebagai helikopter,dia akan memutar mesinnya ke atas,tetapi jika pesawat ini dibutuhkan untuk terbang dengan kecepatan tinggi,maka mesinnya diputar kedepan sehingga menjadi pesawat turboprop.

37. Flying Wing / Sayap Terbang







Sesuai namanya yaitu sayap terbang. Pesawat ini adalah pesawat yang bentuk badannya berupa sayap. Flying wing ini tidak memiliki rudder. Elevator dan aileronnya menjadi satu yang dinamakan elevon. Pesawat yang terkenal masuk kategori ini adalah pesawat B-2 Spirit.

38. Pesawat Siluman / Stealth Aircraft







Pesawat siluman bukan berarti pesawat jadi-jadian atau siluman pesawat. Nama siluman berarti pesawat ini tidak bisa ditangkap oleh radar ataupun kalau bisa tertangkap radar,pesawat ini mampu menipu tampilan di radar musuh seperti seolah-olah pesawat ini adalah gerombolan burung yang sedang terbang sehingga kedatangan pesawat ini tidak bisa dideteksi oleh musuh. badan pesawat ini terbuat dari campuran black carbon yang dapat menyerap gelombang,itu kenapa ketika radar musuh mengirim gelombang ke pesawat ini,maka gelombang tersebut akan diserap pesawat ini dan gelombang tersebut tidak dapat dipantulkan atau dikembalikan kepada radar musuh,sehingga radar musuh menganggap tidak ada apa-apa di depannya.

39. Pesawat Pengebom / Bomber Aircraft







Pesawat ini biasanya punya ukuran yang besar-besar. Pesawat ini adalah pesawat yang didesain untuk misi pengeboman dengan skala ledak besar. Tidak tanggung-tanggung,pesawat ini mampu membawa ratusan bom di dalam perutnya atau didalam badannya. Pesawat ini digunakan untuk destroy mission atau misi penghancuran sasaran darat musuh. Karena pesawat ini khusus untuk pengeboman,maka ketika pesawat ini menjalankan misi,maka pesawat ini akan di kawal oleh pesawat tempur supaya kalau pesawat ini diancam pesawat tempur lawan,dia punya body guard atau punya pengawal yang membela. Kalau disehari-hari sama saja seperti pegawai bank yang membawa uang banyak untuk mengisi uang di ATM yang dikawal oleh brimob.

40. Miniatur Pesawat / Aircraft Miniature







Pesawat ini adalah pesawat pajangan yang digunakan sebagai penghias ruang tamu ataupun meja kerja. Pesawat ini ukurannya kecil-kecil. Rekan-rekan sudah tidak asing dengan pesawat miniatur yang banyak dijual di toko-toko. Selain untuk pajangan,pesawat ini juga biasanya digunakan oleh penerbang tempur untuk briefing simulasi terbang dengan miniatur pesawat yang diberi stick atau tongkat panjang. 


Lalu apa itu UFO? Apakah UFO ada?

UFO adalah Unidentification Flying Object atau objek terbang tidak dikenal. Rekan-rekan sering menyebutnya identik dengan piring terbang,padahal belum tentu. Piring terbang kalau terdeteksi radar ya tdak bisa disebut UFO. Tetapi,karena masyarakat sudah terlanjur menilai UFO adalah piring terbang atau kendaraan alien,maka UFO yang piring terbang alien itu secara ilmiah dan science tidaklah ada. UFO hanya sebatas hipotesis semata. Walaupun ada rekaman video ataupun saksi hidup yang melihat ya tetap perlu diteliti keabsahan ilmiahnya. Tetapi,ada UFO misterius yang unik,yang konon pernah ada di dunia yaitu UFO milik nazi Jerman yang bernama haunebu. Haunebu ini konon dipakai perang oleh tentara nazi, tetapi sampai detik ini tidak ada yang tau dimana bangkainya berada. 



Sama seperti hitler yang misterius dimana dia meninggal,haunebu ini juga masih misterius dimana letak bangkainya. Ada yang menyebut haunebu ini salah satu project BETA milik nazi. Rekan-rekan pasti tau nazi yeng terkenal dengan teknologi perangnya yang canggih-canggih. Jika haunebu ini benar ada,dan ditemukan bangkainya,maka bukan tidak mungkin,rumus-rumus untuk membuat UFO akan ditemukan dan bisa dibuat dengan mencontoh haunebu ini.

PILIH PESAWATMU DIBAWAH INI
(klik kanan dan buka di tab baru)



BOEING
Boeing 737
Boeing 747
Boeing 777






AIRBUS
Airbus A-320
Airbus A-330
Airbus A-340
Airbus A-380


SUKHOI
Sukhoi SU-27
Sukhoi SU-30
Sukhoi SU-33
Sukhoi SU-35
Sukhoi SU-37
Sukhoi SU-47
Sukhoi T-50 PAK FA
Sukhoi Super Jet 100



EMBRAER
Embraer 145 Family
Embraer 135 Family
Embraer E 195
Super Tucano
Embraer_Lineage 1000




PT DIRGANTARA INDONESIA
N-250
CN-235
Casa 212
N219
N-2130



ANTONOV
Antonov 225 Mriya
Antonov 124 Ruslan
Antonov 72
Antonov 148
Antonov 12




BOMBARDIER
Bombardier Learjet 60
Bombardier CRJ200
Bombardier CRJ700
Bombardier Learjet 85
Learjet


Selanjutnya Kita akan belajar bagaimana cara mengenali pesawat terbang dan cara amerika dan rusia menamai pesawat militer mereka klik disini >>>>>> PENAMAAN PESAWAT

LINK TO AEROSPACE INSTITUTE,MANUFACTURE,& AIRLINES







Bagi yang ingin chatting atau bertanya tentang penerbangan,silahkan kirim email kalian ke aripas@rocketmail.com

GIVE COMMENT BELOW

Arip Susanto Copyright@2013. Tema Jendela Gambar. Diberdayakan oleh Blogger.
WEBSITE RESMI ARIP SUSANTO-COPYRIGHT © 2015
DIDESAIN OLEH ARIP SUSANTO-PROVIDER DOMAIN OLEH RUMAH WEB