Software Untuk Penerbangan

SOFTWARE-SOFTWARE YANG DIGUNAKAN OLEH
INSINYUR PENERBANGAN



Pekerjaan seorang insinyur adalah merancang dan membuat suatu rekayasa ilmu yang dapat digunakan dan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Zaman dahulu,seorang insinyur ketika membuat suatu rancangan alat,mereka kesulitan untuk meminimalisir biaya penelitian karena mereka harus berulang-ulang kali melakukan riset setelah alat yang sebelumnya gagal atau rusak. Bayangkan saja,Thomas Alva Edison sudah 999 kali gagal ketika menciptakan bola lampu dan sudah pasti beliau mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan risetnya berulang kali. Tetapi saat ini,ketika teknologi komputer sudah ditemukan, komputer sangat membantu bagi seorang insinyur untuk melakukan riset sebelum alat itu diciptakan secara nyata. Keberadaan software yang membantu sebuah analisis sangat berperan penting untuk mengurangi biaya penelitian.  Bayangkan saja jika zaman sekarang kita seperti Thomas Alva Edison,sudah pasti baru 2 kali penelitian gagal saja kita sudah menyerah. Itu kenapa, software sangat membantu karena jika terjadi kesalahan pada rancangan kita,setidaknya rancangan tersebut hanya rusak ketika masih di dalam komputer,belum di buat secara nyata. Untuk sekelas penerbangan yang penelitiannya tidak murah,itu kenapa beberapa insinyur harus memutar otak untuk membuat software pembantu ketika melakukan sebuah riset dalam hal penerbangan. Dibawah ini adalah beberapa software yang digunakan para insinyur untuk membuat pesawat terbang.



1. MICROSOFT FLIGHT SIMULATOR


Jika selama ini sahabat sekalian hanya mengenal microsoft sebagai perusahaan pembuat software microsoft word,excel,dan power point,sebenarnya microsoft juga menciptakan software yang bisa dikatakan sangat keren yaitu Microsoft Flight Simulator atau rekan-rekan pecinta flight simulator sering menyebutnya FS. Software ini dibuat pada awalnya berupa platform sebuah game tetapi seiring berkembangnya waktu,microsoft mengupdate software ini menjadi software yang banyak digunakan sebagai simulasi penerbangan. Selain digunakan oleh pecinta game simulator,software ini juga digunakan oleh kadet pilot atau mahasiswa aeronautical engineer ing untuk mengasah skill mereka dalam hal mengendalikan pesawat terbang. Software ini berkembang mulai dari FS2000,FS2004/FS9,dan FS2010. Software ini bisa didapat pada rental DVD atau download di internet.  Pesawat yang digunakan,bandara-bandara ,serta lingkungan sekitar yang disimulasikan ada beragam dengan tingkat ketelitian yang tinggi bahkan beberapa penggemar flight simulator telah banyak memodifikasi tampilan pesawat dan scenery (lingkungan) menjadi lingkungan seperti aslinya ( ada penumpang yang jalan,ada pramugari yang sedang bekerja,ada petugas pertamina yang mengisi bahan bakar,dan lain-lain). Di Indonesia,komunitas pecinta flight simulator berkumpul dalam satu komunitas yang disebut IVAO ( International Virtual Aviation Organization) cabang Indonesia karena IVAO sendiri merupakan komunitas internasional. Di IVAO,sahabat sekalian bisa bermain flight simulator secara online dan akan bertemu teman-teman baru di dalamnya yang sama-sama sedang menerbangkan pesawat atau bertemu teman-teman yang sedang online menjadi navigator. Sayarat untuk menjadi anggota IVAO sangat mudah mengikuti aturan-aturan yang dibuat IVAO  dan tidak berbayar alias gratis. Setiap pendaftar akan mendapatkan nomor VID yang digunakan sebagai ID kita jika sebagai pilot atau sebagai navigator jika kita mendaftar navigator. Baiklah sahabat sekalian,selamat mencoba sensasi menjadi pilot dengan flight simulator dan jangan lupa daftar IVAO biar bertemu saya di langit dunia maya. Untuk mendaftar IVAO silahkan buka situs IVAO ini https://ivao.aero/.

2. CATIA



CATIA (Computer Aided Three-dimensional Interactive Application) adalah software berbasis CAD/CAM/CAE yang digunakan untuk mendesain. Jika sahabat sekalian saat ini hanya sebatas mengenal Auto CAD,Solid work,inventor, kali ini saya kenalkan software yang banyak digunakan para insinyur dan desainer pesawat terbang untuk mendesain rancangan pesawatnya yaitu software CATIA. Software ini diterbitkan oleh dassault system. Beberapa perusahaan besar yang menggunakan CATIA untuk merancang pesawatnya antara lain Boeing ketika mendesain pesawat Boeing-777 dan Boeing-787, pesawat tempur Eurofighter Typhoon,Embraer untuk mendesain seluruh pesawatnya,dan masih banyak lagi seperti perusahaan otomotif berkelas dunia yang menggunakan software ini. Software ini memiliki banyak fungsi antara lain menganalisis struktur material,mendesain bentuk,ergonomi,dan sebagainya. Untuk mendesain suatu rancangan,pada software ini kita lebih dulu akan membuat sebuat part desain yang nantinya akan digabung/disassembly. Varian dari software ini dibedakan dari kode angka di depan huruf V-nya yaitu Catia V4,Catia V5,dan Catia V6,semakin tinggi angkanya,spesifikasinya juga semakin tinggi. Untuk mendapatkan software ini bisa didapat pada rental DVD atau membelinya dengan harga yang cukup mahal pada dassault system.

3. ANSYS


ANSYS adalah salah satu penerbit software berbasis CFD (Computer Fluid Design) yang digunakan untuk menganalisis aliran fluida. Perbedaannya,jika CATIA digunakan untuk menganalisis struktur,ANSYS digunakan untuk menganalisis aliran fluida yang melewati struktur tersebut. Kedua software ini berbeda tujuan dan fungsinya tetapi saling bersinergi. Jika kedua software ini digabung maka akan membentuk analisis tingkat lanjut baru yaitu FSI (Fluid Structure Interaction. ANSYS mengeluarkan beberapa jenis software untuk membantu dalam hal analisis fluida antara lain ANSYS Fluent,ANSY CFX dan lain-lain tetapi yang sangat terkenal adalah Fluent dan CFX. Insinsyur pesawat yang menggunakan ANSYS antaralain insinyur bidang aerodinamika,termodinamika,dan ahli mekanika fluida.


4. PARAMETRIC CYCLE ANALYSIS / PARA



Software PARA adalah software untuk melakukan analisis performa mesin gas turbine atau mesin jet yang didesain oleh Prof.Jack d Mattingly. Software ini digunakan untuk mempermudah dalam perhitungan rumit performa mesin jet yang dioperasikan pada ketinggian tertentu. Software ini untuk yang versi DOS dapat di download gratis di website Prof. Jack D Mattingly di sini. .Untuk yang terbaru,software PARA versi windows belum di rilis secara masal karena hanya beredar di Amerika dan Eropa. Untuk rekan-rekan Teknik Penerbangan yang mengambil kosentrasi propulsi dapat menggunakan software ini untuk penelitian.


5. MATLAB



MATLAB ( Mathematic Laboratory) adalah software yang berbasis numerik atau perhitungan angka. Software ini digunakan untuk menghitung polynomial tingkat tinggi yang tidak mungkin atau sulit dikerjakan dengan cara manual. Penggunaannya dalam penerbangan diantaranya untuk menghitung matriks mekanika terbang,membuat persamaan gerak pesawat saat pitch,roll,atau yaw. Insinyur penerbangan yang memakai software ini adalah insinyur ahli mekanika terbang ( prestasi terbang,dinamika terbang,flight stability & control). Software serupa yang dapat digunakan selain MATLAB antara lain MATHCAD atau SciLab.

6. JEPPVIEW


JEPPVIEW adalah software yang digunakan untuk membuat rute terbang (flight route) pada flight plan penerbangan dan menganalisis efisiensi bahan bakar serta rute terpendek yang dilewati pesawat. Software ini diterbitkan oleh JEPPESEN. Insinyur penerbangan yang menggunakan software ini adalah insinyur ahli navigasi dan perancangan operasi penerbangan. Jika zaman dahulu nenek moyang kita yang melaut mengandalkan penggaris dan busur,maka dengan software ini secara otomatis sudah bisa menghubungkan rute –rute yang dilalui serta estimasi jarak yang dilewati. Jika sahabat sekalian penasaran dengan lalu lintas jalur penerbangan yang secara kasat mata tidak terlihat di langit,maka di dalam software ini sahabat sekalian bisa melihat betapa rumitnya jalur penerbangan yang ada di langit. Software ini dapat didownload ataupun dari rentalan,tetapi yang sulit adalah mendapatkan updatenya karena software ini terkoneksi dengan register Jeppesen sehingga setiap bulan harus mendapat kode update baru. Untuk versi online,jika sahabat sekalian ingin membuat jalur penerbangan dan melihat jalur penerbangan yang ada,sahabat sekalian bisa melihat pada situs http://skyvector.com/ dan untuk mengamati pergerakan pesawat yang sedang terbang bisa membuka situs http://www.flightradar24.com/. Selamat bersenang-senang dan merasakan sensasi menjadi navigator.

7. AAA 


AAA ( Advance Aircraft Analysis) adalah software penerbangan yang berbasis perhitungan dan desain tetapi skala kecil atau istilahnya software analisis pesawat terbang secara umum. Dengan software ini kita bisa menganalisis struktur,propulsi,aerodinamika,dan menentukan optimalisasi CL dan CD. Software ini diterbitkan DAR Corporation. Untuk mendapatkan software ini bisa download ataupun dari rentalan,tetapi kendala terbesarnya sama seperti Jeppview yang harus terkonesksi dengan server DAR Corp mendapat kode update beruba wibu key setiap tahunnya. Insinyur penerbangan yang menggunakan software ini hampir seluruhnya baik insinyur aerodinamika,mekanika terbang,struktur,propulsi,dan lain-lain.

8. ARENA


ARENA adalah software berbasis pemodelan untuk memodelkan suatu rangkaian proses dengan waktu diskrit. Software ini dikelola oleh Rockwell Automation. Dalam dunia penerbangan,software ini banyak digunakan oleh insinyur penerbangan ahli tata bandar udara. Software ini digunakan untuk membantu memodelkan pergerakan pesawat ketika berada dalam jaringan penerbangan. Software ini secara garis besarnya adalah software untuk mengatur parkir pesawat,jadi sebisa mungkin dengan kapasitas parking stand bandara yang sedikit tetapi seluruh pesawat yang akan parkir di bandara tersebut tetap kebagian tempat parkir. Jadi, software ini mensimulasikan pergerakan pesawat datang dan pergi disuatu bandara. Selain penerbangan software ini juga digunakan untuk pelabuhan,kendaraan dijalan raya,ataupun lainnya yang berhubungan dengan benda bergerak untuk membantu dalam hal manajemen waktu.

9. SABRE AIRVISION FARE MANAGEMENT



Sabre AirVision Fare Management adalah software yang dikeluarkan oleh sabre air solution. Software ini banyak digunkan oleh beberapa maskapai terkenal untuk menghitung dan menentukan harga tiket. Dengan adanya software ini,maskapai dapat mengetahui secara cepat kapan tiket dinaikkan dan berapa kenaikannya serta berapa tiket promo yang harus dijual. Software ini berbasis windows dan dapat digunakan di laptop atau komputer desktop. Rekan-rekan mahasiswa yang tertarik membuat skripsi ticketing pesawat dapat menggunakan software ini untuk membuat simulasi kira-kira kalau membuka rute baru,berapa harga tiket yang harus saya berikan kepada pelanggan dan berapa keuntungan yang saya dapat. 


10. RED TOP


Red Top adalah software untuk melakukan analisis performa siklus mesin roket dengan propelan cair. Software ini digunakan untuk menganalisis performa mesin roket cair ketika di bumi dan di luar angkasa. Software ini selain untuk menganalisis juga bisa digunakan untuk menggambar siklus mesin roket propelan cair yang terdiri dari beberapa jenis siklus. Untuk mendapat software ini masih berbayar dan kalaupun di rentalan kaset juga masih belum ada.

11. ARDUPILOT



Software ini digunakan untuk membuat flight plan penerbangan pesawat UAV atau pesawat tanpa awak. Sebenarnya software ini bisa juga digunakan untuk robot air,untuk mobil remote dan sebagainya. Tetapi,karena penggunaannya lebih banyak untuk pesawat UAV,maka software ini lebih dikenal untuk UAV. Software ini gratis dan bisa di download disini. Untuk rekan-rekan yang hobi membuat UAV atau ingin penelitian prestasi terbang UAV dengan software ini,silahkan download di sini.

12. FAARFIELD


FAARFIELD adalah software untuk membuat landasan pacu pesawat. Software ini diterbitkan oleh FAA untuk menentukan PCN bandara serta menghitung kekuatan struktur bandara atau pavement bandara. Software ini gratis alias tidak berbayar dan bisa di download di sini. Selain FAARFIELD,masih banyak lagi software untuk mengukur kekerasan bandara yang juga dibuat oleh FAA. Untuk rekan-rekan yang akan penelitian kekerasan bandara atau desain bandara,bisa menggunakan software tersebut untuk membantu dalam penyusunan skripsi atau jurnal ilmiah.

13. PIANO X


Piano X adalah software untuk menghitung prestasi terbang pesawat seperti take off,landing,endurance,menentukan koefisien lift terbesar,dan lain-lain. Selain untuk prestasi terbang,piano X yang versi terbaru yang versi 5 bisa digunakan juga untuk mengukur emisi gas buang pesawat. Software ini diterbitkan oleh Lissys LTD. Software ini ada yang berbayar dan ada juga yang bisa didapat gratis tetapi fiturnya dibatasi tidak selengkap yang berbayar. Software ini walaupun terkesan biasa tetapi yang memakai justru perusahaan-perusahaan penerbangan besar seperti Boeing,JAXA,Snecma,dan lain-lain. Untuk mendapatkan software ini bisa mencarinya di google atau klik di sini.

LINK TO AEROSPACE INSTITUTE,MANUFACTURE,& AIRLINES







Bagi yang ingin chatting atau bertanya tentang penerbangan,silahkan kirim email kalian ke aripas@rocketmail.com

GIVE COMMENT BELOW

Arip Susanto Copyright@2013. Tema Jendela Gambar. Diberdayakan oleh Blogger.
WEBSITE RESMI ARIP SUSANTO-COPYRIGHT © 2015
DIDESAIN OLEH ARIP SUSANTO-PROVIDER DOMAIN OLEH RUMAH WEB