Pilot&FOO

PILOT & FOO

Halaman ini ditujukan untuk rekan-rekan yang sedang dalam pendidikan sekolah pilot atau FOO,atau yang memiliki minat dan tertarik dalam pendidikan pilot serta FOO. Untuk rekan-rekan yang lebih tertarik dalam hal analitis ataupun ilmu penerbangan eksakta boleh membaca untuk sekedar ilmu pengetahuan tetapi tetap berorientasi terhadap tugas dan fungsinya masing-masing. Penerbangan dibagi menjadi dua yaitu segi analitis dan praktis terampil. Pilot dan FOO inilah yang masuk dalam kategori ilmu praktis terampil,karena mereka memiliki tanggung jawab besar mengoperasikan pesawat yang telah dibuat oleh insinyur penerbangan secara general. Mereka tidak menghitung integral,limit,turunan,persamaan aeroelastisitas,dan lain-lain tetapi Pilot & FOO diberi amanah besar dan doa oleh semua manusia  untuk menjaga dan mengoperasikan  pesawat dengan selamat.

Untuk Pilot, saya menggunakan rujukan buku-buku penerbangan praktis dari ASA ( Aviation Supply Academic) yang dulu saya pakai. Kita akan belajar sesuai silabus ASA yang secara general dipakai oleh beberapa flying school di dunia. Untuk FOO kita akan belajar dengan panduan buku-buku Jeppesen ATPL oxford edisi 4 yang terbaru dimana buku-buku jeppesen ini biasanya dipakai sebagai pedoman sekolah flight dispatcher atau FOO di dunia. Sebenarnya tidak apa-apa diselang-seling pilot pakai Jeppesen FOO pakai ASA karena materinya juga hampir sama. Jeppesen juga menggunakan silabus ATPL yang bisa duganakan untuk pilot. Untuk rekan-rekan pilot ataupun FOO yang membutuhkan buku-buku ASA atau Jeppesen silahkan hubungi saya karena tidak saya upload di website ini.

1. PILOT


Ketika kalian memilih melanjutkan sekolah pilot,kalau semua orang berkata gaji pilot itu besar, ya tentu besar (besar dibandingkan orang biasa) tetapi pada hakekatnya tentu sebanding dengan tanggung jawab kalian menerbangkan pesawat,menjamin nyawa puluhan bahkan ratusan orang. Masyarakat yang menilai enak jadi pilot gaji besar hanya melihat dari sisi depan,tidak melihat dari sisi belakang ketika terjadi pesawat crash. Kecelakaan pesawat saat ini menjadi momentum selain untuk memperbaiki penerbangan dalam negeri juga untuk membuka pandangan masyarakat tentang pertaruhan nyawa melawan kodrati ketika harus terbang. Walaupun gaji besar,tetapi hidup kalian tidaklah berhenti dengan satu lisensi ataupun satu sekolah. Perjuangan kalian akan terus berjalan dan hari-demi hari kalian akan terus mengumpulkan yang namanya jam terbang (flight hours) sebagai syarat jenjang karir dan sudah pasti hidup kalian akan diwarnai dengan training,training,dan training.

Mengapa dunia perpilotan membutuhkan banyak lisensi? Sedikit-sedikit lisensi, ambil ini lisensi dan lain sebagainya. Ingat guys, kalian bukan insinyur penerbangan yang bekerja dibalik layar membuat pesawat dan menghitung rumus-rumus yang rumit.  Pekerjaan kalian bertaruh dengan kecepatan waktu dan ketepatan keputusan,berbeda dengan insinyur pesawat yang tidak di tuntut waktu karena mereka dibalik layar dan mereka mengutamakan ketepatan serta ketelitian dalam perhitungannya untuk menjamin pesawat kalian aman. Semua sama porsinya dan sama-sama memegang tanggung jawab besar. Rating atau lisensi kalian sebenarnya adalah indikator pengalaman kalian. Berbeda dengan insinyur yang cukup menuangkan pengalaman mereka lewat resume atau CV, lisensi kalian itulah resume atau CV kalian secara tidak langsung. Lisensi kalian ada banyak didahului dengan PPL,CPL,IR,ATPLdan lain-lain.

A. PPL (Private Pilot License)

Lisensi ini adalah lisensi awal kalian ketika lulus flying school. Lisensi ini diberikan untuk kalian yang lulus exam PPL da kalian hanya diizinkan terbang dengan pesawat single engine (mesin tunggal) untuk keperluan pribadi seperti pesawat pribadi,pesawat perusahaan,pesawat penyemprot pertanian,dan lain-lain. Kalian belum boleh terbang malam dan tidak boleh bekerja di airlines untuk membawa pesawat komersil. Di Indonesia minimal mendapat lisensi PPL kalian harus terbang 60 jam terbang,kalau di amerika 40 jam,dan setiap negara berbeda tetapi rentangnya tidak jauh. Setelah mendapatkan lisensi ini kalian harus mengupdate atau cek kesehatan berkala setiap 24 atau 60 bulan (tergantung usia kalian) dan lisensi ini akan di validasi setiap 24 bulan oleh instruktur penerbang.

B. CPL ( Commercial Pilot License)

Kalian yang sudah memiliki lisensi ini boleh membawa pesawat komersil untuk penumpang. Syarat mendapatkan lisesnsi ini sudah mencapai 200 jam terbang untuk di Indonesia. Di Luar negeri ada yang 250,190,dan lain-lain tetapi rentangnya juga tidak jauh. Untuk melengkapi lisensi CPL kalian ,biasanya kalian berlanjut exam untuk mendapatkan IR (instrument rating) karena tanpa IR jarak tempuh dan waktu terbang kalian masih dibatasi.

C. IR (Instrument Rating)

Setelah kalian mendapat CPL, kalian akan langsung mencari IR. IR ini adalah senjata kalian berikutnya untuk bisa terbang dalam cuaca buruk,terbang malam hari,dan lain-lain baik secara VFR ataupun terbang IFR.  Setelah mendapat CPL kalian akan ditambah 20 jam lagi untuk mengambil lisensi IR ini.

Ketiga lisensi tersebut sudah dibilang komplit dan kalian sudah bisa diizinkan membawa pesawat penumpang. Sekolah pilot biasanya membagi lisensi tersebut untuk menentukan biaya course kalian, ada yang paket PPL saja, PPL+CPL, PPL+CPL+IR (full course). Selain lisensi tersebut,masih banyak lagi lisensi seperti ATPL ( Airline Transport  Pilot License),Multi Engine Rating (MER),Aircraft Sport License/lisensi untuk pesawat olahraga,dan masih banyak lagi. Jadi jangan heran para pilot senior yang sudah sepuh dan pengalaman pasti lisensinya ada lusinan atau bertumpuk-tumpuk.



PENDIDIKAN AWAL UNTUK PPL


Pendidikan kalian diawali dengan private pilot course yaitu pendidikan awal untuk mendapatkan lisensi PPL. Dalam pendidikan ini kalian akan dibagi menjadi dua sesi yaitu teori atau orang penerbangan menyebutnya ground instruction dan praktek atau flight instruction.  Berdasarkan kurikulum atau silabus ASA yang mengacu pada FAA,materi pendidikan kalian akan dibagi menjadi beberapa stage yang setiap stage atau bab nya terdiri dari beberapa unit. Dalam setiap unit ini kalian akan mendapatkan dua metode belajar yaitu ground instruction dan flight instruction.

STAGE 1 – PRESOLO

  • Unit 1 Introduction of Effects of Controls and the Four Fundamentals.
  • Unit 2 Review and Repeat of Unit 1.
  • Unit 3 Introduction of Steep Turns, Slow Flight, Rectangular Courses,and S-turns Across a Road.
  • Unit 4 Introduction to Stalls.
  • Unit 5 Emergency Procedures.
  • Unit 6 Pattern Work: Normal Takeoffs and Landings and Introduction to Recoveries from Bad Situation.
  • Unit 7 Takeoffs and Landings and a Review of Recoveries from Bad Situations
  • Unit 8 Review of High-Altitude Emergencies; Introduction to Forward and Sideslips; Pattern Work at Another Airport.
  • Unit 9 Shooting Takeoffs and Landings.
  • Unit 10 Presolo Knowledge Tests Stage 1 Written Test 1.0.
Pada tahap ini,kalian mendapat materi dasar dan kalian masih didampingi instruktur untuk seluruh unit course,tetapi pada unit ke-10 saat presolo test kalian akan terbang solo selama satu jam.


STAGE 2 IMMEDIATE POST SOLO


  • Unit 1 Postsolo Flight Check and Supervised Solo.
  • Unit 2 Solo in the Pattern.
  • Unit 3 Review of Stalls, Introduction to Incipient Spins and Recoveries.
  • Unit 4 Solo in the Practice Area and Pattern I.
  • Unit 5 Solo in the Practice Area and Pattern II.
  • Unit 6 Introduction to Emergency Instrument Flying.
  • Unit 7 Dual Review of Previous Instruction.
  • Unit 8 Solo in the Practice Area and Pattern III.
  • Unit 9 Dual: Short- and Soft-Field Takeoffs and Landings.
  • Unit 10 Solo in the Practice Area and Pattern IV.
  • Unit 11 Emergency Instrument Flying.
  • Unit 12 Solo Takeoffs and Landings in the Local Pattern.
  • Unit 13 Stage 2 Written Test.
Tahap ini adalah tahap lanjutan dari pre solo dimana kalian akan terbang dengan bentuk lintasan (pattern) yang telah ditentukan. Kalian akan take off dan terbang mengikuti pattern yang ditentukan secara bertahap kemudian landing di home base atau airport asal. Dalam tahap ini kalian akan merasakan tahap hood flying atau terbang hood (lihat unit 6 dan 11). apa itu terbang hood?

Terbang Hood
Terbang hood adalah terbang dimana wajah kalian ditutup dengan penutup yang didesain khusus agar kalian tidak bisa melihat horizon atau lingkungan sekitar dan mata kalian hanya tertuju pada instrumen penerbangan.Skill kalian akan diuji,siapa yang hati dan jiwanya menyatu dengan pesawatnya maka dia yang akan lancar terbang hood. Pada tahap ini, terbang hood kalian masih didampingi instruktur pada saat dual flight.


STAGE 3 CROSS COUNTRY


  • Unit 1 Solo Flight to a Nearby Airport.
  • Unit 2 Use of NAVAIDs and Communications Procedures.
  • Unit 3 Introduction to Night.
  • Unit 4 Navigation Ground School: Preparation for Dual and Solo Cross-Countries.
  • Unit 5 Dual Cross-Country to Two Other Airports.
  • Unit 6 Solo Cross-Country.
  • Unit 7 Stage Check after the First Solo Cross-Country.
  • Unit 8 Emergency Instrument Flying.
  • Unit 9 Solo Triangular Cross-Country.
  • Unit 10 Dual Night Cross-Country and Local Pattern Work.
  • Unit 11 Solo in the Practice Area and Pattern V.
  • Unit 12 Dual and Solo Flight to a Tower-Controlled Airport (VFR-Day).
  • Unit 13 Weather Theory and Weather Services.
  • Unit 14 Solo Long Cross-Country Flight 
  • Unit 15 Stage 3 Written Test.
Pada tahap ini adalah tahap course atau pendidikan pilot kalian yang mungkin paling berkesan yaitu cross-country atau orang penerbangan menyebutnya XC flight. Cross country ini berarti kalian harus terbang dari satu bandara menuju bandara lain yang terdekat dengan menggunakan dukungan navigasi seperti dead reckoning,instrument navigasi,dan lain-lain. Setelah kalian selesai menerbangkan cross-country dua airport baik dual flight ataupun solo,maka kalian akan berlanjut triangular. Triangular berarti enroute kalian membentuk segitiga dan membutuhkan tiga bandara. Setelah melewati triangle cross-country maka tahap akhir stage ini kalian akan terbang long cross-country yaitu dengan jarak yang lebih jauh.


STAGE 4 PREPARATION FOR THE KNOWLEDGE TEST



Tahap ini kalian difokuskan untuk persiapan test kalian istilahnya kalau anak SMA ini bagian Try Out. Kalian akan mereview materi-materi yang telah diajarkan dan di baris ke tiga ada tahap FAA test karena itu di amerika, kalau indonesia testnya dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara atau DGCA.


STAGE 5 PRIVATE PILOT (ASEL) PRACTICAL (FLIGHT) TEST


  • Unit 1 Review and Introduction to the Practical Test
  • Unit 2 Student Practice
  • Unit 3 Student Practice
  • Unit 4 navigation
  • Unit 5 High Work and Emergency Instrument
  • Unit 6 Systems and Equipment Malfunctions, Emergency Equipment,Survival Gear,and Night Operations.
  • Unit 7 Stage Check: Practical 
  • Unit 8 FAA Practical Test
Tahap ini adalah tahap exam kalian untuk menentukan lulus atau tidak istilahnya ujian nasional. Setelah lulus stage ini,maka kalian akan mendapat lisensi PPL. Dari keseluruhan total course hour PPL maka dapat dihitung : 


Setelah mendapat lisensi PPL,kalian akan lanjut lagi mengambil lisensi CPL,dan dilanjutkan IR. Semua itu ada prosesnya dan bertahap. Lalu apa bedap PPL,CPL,IR dengan rating B737-800 ER,rating A-320,dan lain-lain?. Yes, lisensi PPL,CPL,IR,adalah lisensi yang berlaku umum. Ketika kalian membawa pesawat Boeing 737-800 ER,kalian diwajibkan mengambil rating lagi untuk Boeing 737-800 ER. Berbeda dengan mobil,ketika kita sudah punya SIM A, kita bebas bawa jazz,avanza,xenia,dan sebagainya tanpa butuh rating untuk merek mobil tersebut. Tetapi dalam penerbangan,satu pesawat yang akan kalian bawa,harus kalian lengkapi dengan memiliki rating pesawat tersebut. Seperti yang saya jelaskan di atas. Hidup kalian kedepannya akan dipenuhi dengan lisensi,rating,dan rating. Sisa hidup kalian akan diisi dengan training,exam,traing,exam,dan seterusnya. Gambar dibawah adalah salah satu contoh lowongan pilot untuk maskapai citilink.


Syaratnya adalah kalian memiliki lisensi yang dari DGCA. Lisensi itu adalah PPL,CPL,IR yang di keluarkan oleh DGCA. DGCA disini tidak terbatas pada satu negara. Jika kalian pendidikan di filipina dan lisensi kalian diterbitkan DGCA Negara Filipina itu tetap berlaku. Selain itu kalian harus memiliki rating A-320 karena citilink banyak menggunakan Airbus 320.

Lalu ada lagi syarat mendaftar pilot maskapai penerbangan yaitu sertifikat medical kelas 1. Apa itu sertifikat medical untuk penerbang? Apa saja yang di test,berapa bulan berlakunya,dan dimana kita mendapatkan sertifikat itu?.Setiap negara memiliki aturan dan standar sendiri dalam mengeluarkan sertifikat medical. Sertifikat kesehatan tersebut dalam internasional diatur dalam undang-undang penerbangan ICAO di ANNEX 1 dan kalau di Indonesia di atur dalam undang-undang CASR part 67. Sertifikat kesehatan dibagi menjadi beberapa kelas,ada kelas satu,kelas 2,kelas 3,kelas 4,dan seterusnya. Kalau di Indonesia, sertifikat medical yang dikeluarkan oleh balai kesehatan penerbangan  atau orang sekitar menyebutnya hatpen,hanya sampai tiga kelas.  Apa fungsi dari setiap kelas sertifikat medical itu?



Sertifikat Medical kelas 1

Sertifikat ini diberikan kepada : 
  1. Airlines transport pilot
  2. Commercial pilot
  3. Flight Navigator
  4. Flight Engineer
Jadi sudah jelas kan kenapa citilink butuh pilot yang memiliki sertifikat medical kelas 1 ? ya karena pilot citilink adalah kategori Airlines Transport Pilot. Lama berlaku sertifikat medical kelas 1 ini adalah 6 bulan sejak terbit. Aspek kesehatan yang diuji ada banyak. Baik kelas satu,dua,maupun tiga sama jenis kesehatan yang diuji antara lain :
  • Mata
  • Telinga,Hidung,Tenggorokan,dan Keseimbangan
  • Mental
  • Neurologis
  • Kardiovaskular
  • Kondisi Kesehatan Umum
Bagaimana syarat mendaftar dan mendapatkan sertifikat medical kelas 1?
  1. Permohonan untuk memperoleh sertifikat kesehatan dapat diajukan oleh perorangan atau institusi/perusahaan yang memperkerjakan personil penerbangan.
  2. Permohonan diajukan kepada Direktur Jenderal Perhubungan Udara melalui Kepala Balai Kesehatan Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dengan melampirkan :
  • Pas photo berwarna terbaru 4 x 6 cm sebanyak 2 lembar (khusus untuk permohonan pemula).
  • Fotocopy sertifikat kesehatan terakhir;
  • Hasil pengujian kesehatan dari dokter umum yang telah memiliki ijin penguji kesehatan.

Sertifikat Medical kelas 2

Sertifikat ini diberikan kepada : 
  1. Airlines Traffic Controller.   
  2. Private pilot.    
  3. Sport Pilot.    
  4. Sport Pilot.
  5. Flight Attendant.
Sudah cukup jelas,kalau rekan-rekan ingin menjadi pramugari atau pilot privat,atau calon siswa pilot yang akan pendidikan pakai yang sertifikat kelas 2 ini. Kalau kalian mau pendidikan di filipina,pakai sertifikat medical dari hatpen ini tidak apa-apa,tetap berlaku kok. Lama berlaku sertifikat medical kelas 2 ini adalah 12 bulan sejak terbit. Aspek kesehatan yang diuji ada banyak,sama seperti kelas 1dan  jenis kesehatan yang diuji antara lain :
  • Mata
  • Telinga,Hidung,Tenggorokan,dan Keseimbangan
  • Mental
  • Neurologis
  • Kardiovaskular
  • Kondisi Kesehatan Umum
Bagaimana syarat mendaftar dan mendapatkan sertifikat medical kelas 2?
  1. Permohonan untuk memperoleh sertifikat kesehatan dapat diajukan oleh perorangan atau institusi/perusahaan yang memperkerjakan personil penerbangan.
  2. Permohonan diajukan kepada Direktur Jenderal Perhubungan Udara melalui Kepala Balai Kesehatan Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dengan melampirkan :
  • Pas photo berwarna terbaru 4 x 6 cm sebanyak 2 lembar (khusus untuk permohonan pemula).
  • Fotocopy sertifikat kesehatan terakhir;
  • Hasil pengujian kesehatan dari dokter umum yang telah memiliki ijin penguji kesehatan.

Sertifikat Medical kelas 3

Sertifikat ini yang paling banyak penggemarnya alias banyak dipakai kalangan penerbangan yaitu : 
  1. Flight Operator Officer (FOO).
  2. Basic Air Traffic Officer.
  3. Flight Service Officer.
  4. Aircraft Maintenance Engineer.
  5. Petugas Pelayanan Informasi Aeronautika (AIS).
  6. Teknisi Elektronika Penerbangan.
  7. Petugas Pemandu Parkir Pesawat.
  8. Petugas Pertolongan Kecelakaan Pesawat dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK).
  9. Teknisi Listrik Penerbangan.
  10. Operator Garbarata.
  11. Operator Peralatan Pelayanan Darat Pesawat Udara.
  12. Teknisi perawatan kendaraan dan peralatan PKP-PK.
  13. Petugas salvage.
  14. Petugas Pengujian Barang dan Penumpang di Bandar Udara.
  15. Petugas Penanganan dan pengangkutan bahan dan/atau barang berbahaya dengan pesawat udara.
Sudah cukup jelas,kalau rekan-rekan ingin menjadi FOO,pakai yang sertifikat kelas 3. Lama berlaku sertifikat medical kelas 3 ini adalah 12 bulan sejak terbit. Aspek kesehatan yang diuji ada banyak,sama seperti kelas 1dan  jenis kesehatan yang diuji antara lain :
  • Mata
  • Telinga,Hidung,Tenggorokan,dan Keseimbangan
  • Mental
  • Neurologis
  • Kardiovaskular
  • Kondisi Kesehatan Umum
Bagaimana syarat mendaftar dan mendapatkan sertifikat medical kelas 3?
  1. Permohonan untuk memperoleh sertifikat kesehatan dapat diajukan oleh perorangan atau institusi/perusahaan yang memperkerjakan personil penerbangan.
  2. Permohonan diajukan kepada Direktur Jenderal Perhubungan Udara melalui Kepala Balai Kesehatan Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dengan melampirkan :
  • Pas photo berwarna terbaru 4 x 6 cm sebanyak 2 lembar (khusus untuk permohonan pemula).
  • Fotocopy sertifikat kesehatan terakhir;
  • Hasil pengujian kesehatan dari dokter umum yang telah memiliki ijin penguji kesehatan.

Dimana kita mendaftar untuk medical examination atau medex?
untuk pendaftaran tidak perlu repot-repot karena balai kesehatan penerbangan memiliki layanan online pendaftaran yang bisa dibuka pada halaman ini REGISTRASI MEDEX ONLINE.

Setelah registrasi online,kalian datang ke :

BALAI KESEHATAN PENERBANGAN
DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN UDARA
KEMENTERIAN PERHUBUNGAN
Kota Baru Bandar Kemayoran Blok B 11 Kav. No.4
JAKARTA - 10610
telp. 021 6586 7830
fax. 021 6586 7832

Orang-orang sekitar familiar menyebutnya hatpen.
Di Indonesia, Balai kesehatan penerbangan memiliki dokter yang bertugas dalam mengukur kesehatan kalian yaitu dokter pengawas kesehatan (Medical Accessor/MA) dan dokter penguji kesehatan (Medical Examiner/ME).

Tips buat kalian yang akan ke hatpen.
  1. Usahakan berangkat pagi hari,karena tidak cuma kalian yang mau test. Pilot-pilot,pramugari,dan staf penerbangan lainnya juga banyak yang test di sini. Usahakan jam 7 atau 8 pagi sudah di hatpen.
  2. Jangan makan yang enak-enak dulu,yang tinggi kolestrol,gula,dan lain-lain. Makan sewajarnya dan kalau bisa sarapan pagi roti saja sama air putih,jangan makan berat-berat.
  3. Usahakan rambut jangan gondrong,dipotong yang pendek rapi karena nanti kalau test EEG rambut kalian akan berkeringat dan lembab.
  4. Bagi perokok,usahakan dua bulan sebelum tes medex berhenti dulu rokoknya,karena test sinar X atau rotgen nanti bisa kelihatan flek kalian yang menempel di saluran pernafasan. Banyak yang bilang minum susu putih campur soda supaya dapan meminimalisir flek,tetapi itu hanya sebatas katanya dan katanya. Untuk pembuktian ilmiahnya,apakah benar atau tidak coba tanyakan pada dokter.


2. FOO ( Flight Operation Officer )

Banyak sekali yang sharing ataupun bertanya melalui website ini tentang FOO. Sebelum kita belajar materi kurikulum FOO,kita harus mengenal FOO itu sendiri. Banyak sekali teman-teman baru saya diwebsite ini yang sedang sekolah FOO ternyata datang dari latar belakang sarjana S-1 ataupun diploma 3. Sebenarnya syarat sekolah FOO tidak harus S1 ataupun D3. Sekolah FOO minimal SMA/SMK sudah bisa masuk. Teman-teman baru saya tidak sedikit yang berasal dari berbagai disiplin ilmu seperti sarjana ekonomi,sarjana pertanian,sarjana hukum,lulusan Mipa,dan lain-lain tetapi sangat sedikit yang berasal dari sarjana S-1 teknik penerbangan ataupun manajemen transportasi udara ( I don’t know why).

Oke guys,karena sekolah FOO ini sebenarnya diminta minimal SMA/SMK jadi jika kalian datang dari latar belakang ilmu lain seperti sarjana ekonomi,pertanian,hukum,dan lain-lain tetap jangan pesimis. Kuncinya hanya satu,cukup ingat-ingat materi matematika,fisika,dan syukur-syukur masih ingat geografi karena geografi ini makanan kalian nanti ketika belajar navigasi dan membuat flight plan penerbangan. Apakah kita harus melupakan ilmu kita ketika dibangku kuliah seperti ekonomi,hukum,pertanian,pertambangan,dan lain-lain? Ya tentu tidak dong. Tidak ada ilmu yang sia-sia. Walaupun kalian masuk FOO,tetap jangan dilupakan ilmu yang didapat dibangku kuliah.

Bagaimana dengan kerja kalian ketika lulus? Tidak usah khawatir guys. FOO banyak dibutuhkan di Indonesia. Di dunia kerja nanti, kalian bisa bekerja di airlines dan di  PT Gapura Angkasa. Tugas kalian nanti melakukan briefing kepada pilot, menghitung weight and balance pesawat atau istilahnya menjadi load master,dan kalian juga memberi informasi tambahan tentang cuaca terkini kepada pilot sebelum terbang,dan lain-lain. Kenapa kok FOO dibutuhkan? Ya jelas, karena kalian istilahnya penghubung antara yang di darat dengan yang di udara,maksudnya kalau pilot itu kan tugasnya hanya menerbangkan pesawat,menjaga pesawatnya selamat dari badara asal hingga tiba di bandara tujuan,mereka tidak melihat bagasi,tidak ikut mengatur dan menumpuk bagasi,tidak menghitung jumlah penumpang yang diterbangkannya satu persatu. Berbeda dengan sopir dan kernet. Kernet akan jalan di dalam bis untuk menghitung penumpang dan menghitung bagasi apakah sudah lengkap atau belum,berapa muatannya,tetapi kalau pilot baik kapten pilot dan First Officer (FO) tidak mungkin keliling jalan-jalan ikut mengatur muatan. Lalu bagaimana pilot bisa tau jumlah penumpang yang dibawanya, bisa tau berat bagasinya,bisa tau bahan bakarnya membawa berapa liter padahal mereka tidak ikut mengisi avtur? Disinilah FOO berperan, kalianlah yang akan melapor kepada mereka. Jadi,kalianlah penghubung antara kru darat dengan para pilot dan oleh karena itu, kalian juga harus menguasai materi atau ilmu-ilmu baik yang berlaku di darat dan juga yang berlaku ketika pesawat akan terbang. Tetapi tidak usah takut, ilmu penerbangan yang kalian pelajari bukan ilmu analitis seperti insinyur penerbangan. Ilmu yang kalian pelajari adalah ilmu praktis terampil sama seperti pilot. Walaupun kalian belajar mesin pesawat,kalian tidak akan menghitung integral,turunan,menghitung termodinamika sama seperti kalau kalian belajar aerodinamika untuk FOO ya kalian tidak akan belajar aerodinamika tentang shock wave,tentang persamaan kontinyuitas,tidak akan menghitung persamaan aeroelastistas dan flutter seperti insinsyur penerbangan.

Untuk panduan belajar atau silabus, setiap sekolah FOO punya standar sendiri-sendiri tetapi sebagian besar hampir sama yang dipelajari. Untuk level universal atau internasional,biasanya sekolah flight dispatcher atau FOO menggunakan silabus yang dikeluarkan Jeppesen. Apa itu jeppesen? Jeppesen adalah provider penyedia tools dan materi operasional penerbangan sama seperti Aviation Supply Academic (ASA) yang dipakai oleh kebanyakan flying school di dunia. Jeppesen ini mengeluarkan buku untuk training FOO dan Pilot sesuai tempat dan negaranya, kalau di Jerman,Jeppesen mengeluarkan buku panduan Jeppesen JAA ATPL, kalau di eropa mereka mengeluarkan Jeppesen EASA ATPL, kalau di Inggris yang untuk oxford aviation,mereka mengeluarkan Oxford ATPL,dan lain-lain.  ATPL Oxford  edisi keempat inilah yang saya pakai. (Buku jeppesen atau oxford semua bahasa Inggris ya,jadi tidak ada yang Indonesia). 







Selain menerbitkan buku panduan,jeppesen juga mengeluarkan equipment untuk FOO seperti plane plotter,tas untuk menyimpan aeronautical chart,serta mengeluarkan software jeppview untuk membantu kalian para FOO dalam membuat flight plan penerbangan dengan mudah via komputer. Buku jeppesen dalam satu terbitan terdiri dari beberapa seri ada yang 13 seri ada yang 14 seri,kalau punya saya yang oxford ada 14 seri,tetapi baik terbitan untuk JAA,EASA,atau Oxford materinya tetap sama isinya.

Sekarang kita akan belajar sesuai silabus yang diterbitkan CAE Oxford Aviation Academy. (Kita pakai silabus yang  Oxford Aviation Academy).


 SERI 1 ( AIR LAW )

Pada seri ini kalian akan belajar hukum-hukum serta undang-undang penerbangan. Kalian juga akan belajar rules of the air,air traffic services,dan aerodromes. Seri ini seimbang,jadi antara FOO dan pilot sama-sama belajar materi ini,tetapi pada bagian altimeter setting dan lainnya hanya dipelajari oleh pilot. Pada saat sekolah FOO mungkin pengajar kalian hanya sebatas menerangkan perbedaan IATA dan ICAO,undang-undang penerbangan,dan lain-lain.








SERI 2 (AIRCRAFT GENERAL KNOWLEDGE 1)

Pada  seri ini kalian akan belajar tentang airframe dan sistem pesawat. Kalian akan belajar tentang badan pesawat,sayap,dan kestabilan pesawat. Selain itu kalian akan dikenalkan landing gear (roda pesawat),fuel system,anti icing pesawat,sistem Air Conditioning pesawat,hidrolik pesawat,dan lain-lain. Seri ini lebih banyak digunakan oleh para pilot.








SERI 3 (AIRCRAFT GENERAL KNOWLEDGE 2)

Pada seri ini kalian akan belajar avionic pesawat baik sistem AC ataupun DC pesawat. Kalian akan belajar radio propagation,belajar komponen elektrikal pesawat.










SERI 4 (AIRCRAFT GENERAL KNOWLEDGE 3)

Pada seri ini kalian akan belajar mesin pesawat. Pada materi ini kalian akan belajar mesin piston dan mesin jet pesawat secara umum. Kalian akan belajar bahan bakar pesawat, lubricating,dan lain-lain yang berhubungan dengan mesin pesawat.










SERI 5 (AIRCRAFT GENERAL KNOWLEDGE 4)

Pada seri ini,semua materinya full digunakan oleh pilot saja karena berisi instrument penerbangan serta panel-panel pada kokpit pesawat. Materi ini bagi FOO hanya sebatas pengayaan bukan materi utama.










SERI 6 ( FLIGHT PERFORMANCE AND PLANNING 1)

Pada materi inilah kalian para FOO harus sangat fokus karena berisi tentang performa pesawat dan mass and balance. Pada seri ini kalian akan menghitung endurance pada operasional pesawat mulai taxi,take off,climbing,hingga landing yang dibagi menjadi single engine dan twin engine. Pada seri inilah dimana ilmu-ilmu didalamnya akan benar-benar kalian gunakan dilapangan nanti.







SERI 7  ( FLIGHT PERFORMANCE AND PLANNING 2)

Pada seri ini sama seperti seri 6 dimana materinya penting bagi kalian para FOO yaitu flight planning dan monitoring. Pada seri ini kalian akan belajar membuat flight plan. Kalian akan belajar topographical chart, simple flight planning,detail flight planning,airways (jalur penerbangan),ATC flight plan dan lain-lain. Hampir semua materi dalam seri ini akan kalian gunakan saat kerja nanti.







SERI 8 ( HUMAN PERFORMANCE & LIMITATIONS)

Seri ini lebih banyak ditujukan bagi pilot karena membahas seputar stress,kelelahan pilot,kondisi psikis pilot,cara pengambilan keputusan,dan lain-lain.










SERI 9 ( METEOROLOGY)

Pada seri ini sama seperti seri 6 dan 7 dimana materinya benar-benar digunakan FOO dan juga pilot yaitu meteorology. Pada seri ini kalian yang sekolah FOO akan diajarkan cara membaca METAR. Sebelum terbang, kalian harus membriefing pilot dan menjelaskan kondisi cuaca paling update. Info cuaca dalam penerbangan disebut METAR yang harus bisa kalian baca karena BMKG ketika mengeluarkan METAR bukan dalam format jadi melainkan berisi kode-kode METAR dalam format mentah. Disini kalian harus mampu membaca,termasuk memberikan info letak awan cumulonimbus atau awan CB,dan lain-lain.







SERI 10 ( NAVIGATION 1 )

Pada seri ini digunakan baik oleh FOO maupun pilot. Pada seri ini kalian akan diajarkan navigasi penerbangan. Disinilah kalian akan menghitung waktu tempuh, menghitung STD,ETD,dan lain-lain. Kalian juga akan belajar Mercator chart,arah angin,dan menghitung heading pesawat.









SERI 11 ( NAVIGATION 2 )

Pada seri ini kalian akan belajar alat-alat navigasinya. Kalau di seri 10 kalian belajar ilmu navigasi, disini lebih ditekankan pada alat bantu navigasi penerbangan seperti ILS,VOR,Doppler Radar,DME,RNAV,ADF,MLS,EHSI,GNSS,TCAS,dan lain-lain.









SERI 12 (OPERATIONAL PROCEDURES )

Pada seri ini kalian akan belajr tentang prosedur operional pesawat. Kalian akan belajar fuel jettison,wake turbulence,long range flight,dan belajar tentang dangerous goods atau barang berbahaya. Kalian akan dititik beratkan belajar dangerous good karena nantinya kalian yang akan mengatur mass and balance sehingga jangan sampai ada barang berbahaya masuk dan diizinkan dibawa oleh pesawat.







SERI 13 (PRINCIPLES OF FLIGHT)

Pada seri ini kalian akan belajar prinsip-prinsip penerbangan seperti mekanika terbang, flight and control,lift,drag,dan lain-lain. Materi di seri ini sifatnya umum dipakai pilot dan juga FOO.










SERI 14 (COMMUNICATION)

Pada seri ini, kalian akan diajarkan komunikasi penerbangan seperti alfa,bravo,Charlie,dan lain-lain. Setelah itu sisanya adalah materi komunikasi untuk pilot yaitu IFR dan VFR. 












Untuk materi di sekolah kalian nanti akan berbeda urutan pembelajarannya, ada yang ketika kalian masuk sekolah FOO dimulai dengan ilmu komunikasi penerbangan dasar, ada yang aerodinamikanya banyak tetapi mesin pesawatnya sedikit. Ada yang aerodinamika,mesin pesawat,sistem pesawat dibahas hanya sekilas tetapi lebih banyak belajar flight plan dan mass and balance nya,tetapi semua materi yang diajarkan di sekolah FOO berdasarkan kurikulum FOO yang sama dikeluarkan jeppesen. Sekolah FOO durasinya singkat hanya  delapan bulan sampai satu tahun dan tidak mungkin semua yang ada di buku jeppesen bisa selesai dipelajari.

Lalu perlengkapan apa saja yang dibutuhkan FOO ataupun PILOT?

Untuk mendukung kerja kalian nanti,kalian butuh peralatan manual dan juga software jika kalian menggunakan Ipad atau komputer tablet. Dahulu sebelum tablet booming, FOO menggunakan alat-alat manual dan sekarang alat-alat itupun masih kalian pakai nantinya ketika sekolah FOO. Untuk digital,kalian akan menggunakan tablet sama seperti tablet kebanyakan,tetapi tablet ini sudah dilock oleh pembuatnya yaitu jeppesen ataupun ASA. Jadi hanya bisa membaca file jeppview dari jeppesen ataupun file-file terbitan ASA. Kalian tidak bisa mainan pou,mainan COC,ataupun mainan minecraft. Dengan bantuan tablet ini,kerja kalian jauh lebih praktis tetapi kendalanya ya sama seperti kebanyakan tablet, harus siap power bank supaya baterainya tidak drop. Chart digital ini juga sudah mulai digunakan oleh para pilot ketika terbang untuk membantu memberi informasi tambahan kepada pilot saat di udara.




Untuk yang manual alat kalian ada banyak, seperti path finder computer, flight computer ,navigation plotter,kneeboard case,flight chart sheet,dan equipment bag.








No. 1. Kneeboard Case

Alat ini dipasang pada lutut dan biasanya digunakan oleh para pilot. Saat pilot duduk di kokpit dengan ruangan yang cukup sempit, alat ini sangat berguna untuk menyimpan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Alat ini juga dipakai oleh penerbang pesawat tempur.

No.2. E6-B Flight Computer

Alat ini sering juga disebut "whiz wheel" oleh orang-orang penerbangan. Alat ini digunakan oleh FOO dan pilot untuk menghitung fuel burn, wind correction, time en route, dan lainnya. Alat inilah yang sekarang digantikan oleh software jeppview yang sudah serba otomatis dengan komputer. Tetapi,jika alat digital rusak, E6-B inilah ujung tombak FOO untuk membuat flight plan penerbangan. Bagi FOO yang menggunakan alat ini saya sarankan pakai yang bahan metal saja atau alumunium biasanya lebih awet daripada yang plastik mika.

No.3. Path Finder Computer


FOO atau pilot menggunakan alat ini untuk menghitung TAS,GS,mach number,altitudes,fuel,heading,dan lain-lain.  Alat ini didesain seperti kalkulator tetapi fiturnya hanya dibatasi hanya sebatas perhitungan penerbangan. Brand yang terkenal Path Finder Computer ini adalah CX-2 buatan ASA.









No. 4. Navigation Plotter

Alat ini digunakan untuk mengetahui True Course (TC),total distance , dan jarak antar checkpoint. Alat ini kalau di matematika menyebutnya busur. tetapi plotter ini busur yang didesain untuk membantu FOO.

No.5. Equipment Bag

Alat ini digunakan untuk menyimpan perlengkapan kalian saat sekolah FOO ataupun sekolah pilot. Tas ini sudah didesain sangat rapi dan sudah ada tempat-tempat untuk menyimpan buku,pulpen,menyimpan flight computer,bahkan menyimpan minum.


No.6. Aeronautical Chart



Chart ini adalah chart dalam bentuk lembaran kertas. Chart ini dipakai ketika software jeppview kalian tidak berfungsi. Untuk kalian yang sekolah FOO tetapi susah mencari chart Indonesia yang berwarna atau hanya dapat foto copyan saja,kalian bisa mencetak sendiri menggunakan printer dengan software jeppview.

LINK TO AEROSPACE INSTITUTE,MANUFACTURE,& AIRLINES







Bagi yang ingin chatting atau bertanya tentang penerbangan,silahkan kirim email kalian ke aripas@rocketmail.com

GIVE COMMENT BELOW

Arip Susanto Copyright@2013. Tema Jendela Gambar. Diberdayakan oleh Blogger.
WEBSITE RESMI ARIP SUSANTO-COPYRIGHT © 2015
DIDESAIN OLEH ARIP SUSANTO-PROVIDER DOMAIN OLEH RUMAH WEB